Ketua KPK Sebut Penyelidikan Formula E Tetap Jalan, Tak Pernah Terganggu

Firli-Bahuri
Firli Bahuri. (foto: dok. liputan6)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua KPK Firli Bahuri berbicara perihal perkembangan penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta. Dirinya memastikan bahwa penyelidikan tetap berjalan.

“Penyelidikan Formula E tetap jalan, tidak pernah terganggu. Karena pada prinsip kerja KPK, KPK tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun, itu undang-undang menyebutkan,” ujar Firli Bahuri menjawab pertanyaan awak media saat konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022 dini hari.

Firli Bahuri mengatakan KPK selaku lembaga yang berada dalam tatanan rumpun eksekutif dalam pelaksanaan wewenang dan tugasnya tidak pernah terpengaruh oleh pihak manapun, termasuk oleh kegiatan apapun. Dirinya menyebut kerja KPK merupakan penegakan hukum.

Baca juga:   Mantan Pengacara: Karena Frustasi, Novel Sebut Soal Keterlibatan Jenderal Polri Dalam Kasus Penyerangan Dirinya

“Jadi tidak ada pengaruh dengan hal-hal, kegiatan-kegiatan lain. Karena pada prinsipnya apa yang dilakukan KPK, apa yang terjadi di KPK adalah penegakan hukum,” terangnya.

Meski begitu, Firli Bahuri belum mau menyampaikan perkembangan lanjutan penyelidikan tersebut. Dirinya hanya memastikan akan mengungkap perkara pada waktunya.

“Kalau masalah perkembangannya, nanti kita akan sampaikan pada waktunya, tidak sekarang,” ucapnya.

Baca juga:   Pastikan Typo Bukan karena Buru-Buru, Masinton: Perbaikan UU KPK Akan Diserahkan Sebelum 17 Oktober

Firli Bahuri menegaskan KPK tidak pernah menargetkan seseorang untuk menjadi tersangka. KPK, kata dia, bekerja sesuai kepastian hukum, transparan, hingga menjunjung tinggi HAM.

“Karena itu KPK tidak akan pernah menersangkakan seseorang kecuali seseorang tersebut karena perbuatannya dan atau keadaannya, berdasarkan bukti permulaan, patut diduga sebagai atau selaku tindak pidana. Jadi KPK tidak pernah menarget seseorang untuk jadi tersangka, tidak ada. itu yang harus dipastikan itu,” kata Firli Bahuri. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini