Pentingnya Pemanfaatan Big Data dan AI bagi Wirausahawan

SURABAYA – Cecilia Chen, Global Marketing Supervisor di Sekolah Pendidikan Universitas Johns Hokpins berbagi kiat penting dalam menerapkan pembelajaran kewirausahaan di perguruan tinggi dengan memanfaatkan Big Data dan AI.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya, Syafiul Anam, bertajuk “Leading the Way: Strategies for Success in Global Entrepreneurial Education” diikuti sekitar 60 partisipan mahasiswa secara offline dan 200 mahasiswa secara online melalui Zoom Meeting pada Jumat, 26 April 2024.

Chen dalam materinya menyampaikan integrasi teknologi dan alat digital berperan penting dalam pembelajaran kewirausahaan untuk membuat keputusan yang tepat dan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui Big Data dan AI.

“Big Data digunakan wirausahawan untuk membantu menganalisis berbagai data seperti tren pasar, perilaku pelanggan, dan pembuatan keputusan yang informasional berdasarkan data,” ujar Chen.

“AI juga diintegrasikan untuk memprediksi pasar, mengotomisasi alur layanan pelanggan, serta meningkatkan efisiensi operasional,” imbuhnya.

Big Data dan AI menjadi inovasi teknologi yang sangat kuat dalam pemrosesan dan analisis data yang akan digunakan. Wirausahawan dapat meningkatkan proses bisnis melalui penggabungan data dari berbagai sumber dan menerapkan telknologi untuk memperoleh wawasan.

Lebih lanjut, Pengawas Kegiatan Pemasaran itu membagikan kisah dan praktik baik Universitas Johns Hokpins dalam memanfaatkan telknologi di bidang kewirausahaan.

Mediana Hartono
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya