Menggali Kekayaan Budaya Indonesia Melalui Program BIPA untuk Lebih Dekat dengan Bahasa Indonesia

MADURA – Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan suatu program pembelajaran bahasa Indonesia yang ditujukan kepada penutur asing (masyarakat luar negeri) dengan tujuan utamanya yaitu mempelajari bahasa Indonesia.

Pemelajar atau penutur asing dalam konteks ini merujuk kepada individu yang tidak berasal dari Indonesia dan memiliki bahasa ibu selain bahasa Indonesia. Pemelajar BIPA umumnya merupakan pemelajar yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda dengan budaya bahasa Indonesia yang mereka pelajari.

Mengapa program BIPA penting?

Salah satu bentuk mempertahankan dan mengambangkan serta menginternasionalkan bahasa Indonesia ke kancah dunia yaitu melalui proram BIPA. Selain itu, melalui program BIPA, orang penutur asing dapat memahami dan belajar bahasa Indonesia dengan baik dan benar, maka dalam hal tersebut pemelajar akan mampu memperkaya pemahaman tentang struktur bahasa, kosakata, dan nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya.

BIPA merupakan salah satu program pelatihan yang diperlukan dalam peningkatan fungsi bahasa negara sebagai bahasa internasional dan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja asing akan program pelatihan bahasa Indonesia.

Sehingga melalui program BIPA ini menjadi sarana yang efektif dalam menyebarkan dan mengkampanyekan kebudayaan Indonesia ke berbagai negara, serta memperkenalkan keunikan budaya Indonesia, seperti seni, adat istiadat, dan filosofi hidupnya.

Kebermanfaatan program BIPA bagi masyarakat Indonesia

Program BIPA yang telah diadakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) memiliki kebermanfaatan yang sangat signifikan. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan pemahaman dan aprsiasi terhadap bahasa dan budaya Indonesia.

Selain itu, manfaat utamanya adalah mengenalkan bahasa Indonesia ditingkat internasional, hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah telah terlaksana program BIPA yang akan membantu meningkatkan jumlah penutur bahasa Indonesia di berbagai negara.

Hal ini dapat memperluas jangkauan budaya dan informasi Indonesia di mata dunia. Selain itu, program BIPA juga memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia internasional melalui bahasa.

Dengan mempelajari bahasa Indonesia, para pemelajar BIPA juga belajar tentang budaya, sejarah, dan tradisi Indonesia, sehingga dapat memperluas pemahaman dan apresiasi terhadap kebudayaan di luar negeri.

Kebermanfaatan program BIPA bagi masyarakat asing

Program BIPA juga memilki berbagai kebermanfaatan bagi masyarakat asing atau luar negeri diantaranya yaitu untuk membantu masyarakat asing untuk belajar bahasa Indonesia, yang merupakan pintu masuk untuk memahami lebih budaya, sejarah, dan tradisi Indonesia.

Dengan menguasai bahasa Indonesia, masyarakat asing dapat berinteraksi lebih baik dengan masyarakat penutur asli Indonesia baik konteks wisata, bisnis, maupun hubungn lainnya.

Selain itu, program BIPA juga membantu masyarakat asing untuk meningkatkan peluang kerja dan studi di Indonesia. Dengan menguasai bahasa Indonesia, masyarakat asing memiliki keungulan kompetitif dalam melanjutkan studi atau berkarir di Indonesia.

Farian Dito Irwanda
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura