Mahfud MD Soal Kebocoran Data Negara: Belum Ada yang Membahayakan

Mahfud-MD
Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: dok. Kemenko Polhukam)

harianpijar.com, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara soal dugaan kebocoran 105 juta data pemilih yang diunggah di media sosial. Menurutnya, isu kebocoran data ini belum berbahaya.

“Jadi belum ada yang membahayakan dari isu-isu yang muncul. Itu kan yang sudah ada di koran tiap hari. Ini yang mau jadi presiden, ini yang begini, kan cuma itu aja, nggak ada yang rahasia negara dari yang beredar itu,” ujar Mahfud MD di kantornya, Senin, 12 September 2022.

Baca juga:   Mahfud MD Soal KLB Partai Demokrat: Pemerintah Tak Lindungi, tapi Memang Tidak Boleh Bubarkan

Mahfud MD tak menampik bahwa telah terjadi kebocoran data. Dirinya juga mengaku sudah menerima laporan terkait kebocoran data tersebut.

“Soal bocornya data, data negaralah. Saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari BSSN kemudian dari analisis Deputi VII saya, terjadi di sini, di sini,” ucapnya.

Baca juga:   Imam Nahrawi Mundur dari Menpora, Mahfud MD: Itu Suatu Keharusan

Meski begitu, dikatakan Mahfud MD, data yang bocor itu bukan rahasia. Dirinya mengatakan data yang muncul itu bisa didapat dari berbagai sumber.

“Tetapi itu bisa juga sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia, yang bisa diambil dari mana-mana, cuma kebetulan sama,” kata Mahfud MD. (msy/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini