Mahfud MD Soal KLB Partai Demokrat: Pemerintah Tak Lindungi, tapi Memang Tidak Boleh Bubarkan

Mahfud-MD
Mahfud MD.

harianpijar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pemerintah tak melindungi ataupun mengawal acara yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat. Meski demikian, dirinya menegaskan pemerintah juga tak boleh membubarkan acara itu.

“Kalau saya menyebut hal, kita tidak bisa melarang KLB, karena ini masih ada aja yang menuding KLB itu dikawal, KLB itu dilindungi, nggak ada, nggak ada urusannya. Pemerintah nggak melindungi KLB di Medan, tapi memang tidak boleh membubarkan,” kata Mahfud MD dalam sebuah video, Minggu, 7 Maret 2021, seperti dilansir dari detik.

Mahfud MD membandingkan hal itu dengan Munaslub PKB yang terjadi pada era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dirinya menyebut Megawati dan SBY juga tak membubarkan acara itu.

Baca juga:   Wiranto dan Kivlan Zen Sepakat Mediasi, Hakim PN Jaktim Jadi Mediator

“Bukan Pak SBY dan Bu Mega itu memihak. Tapi memang oleh undang-undangnya tidak boleh,” jelasnya.

Undang-undang yang dimaksud Mahfud MD adalah UU Nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. UU itu, kata dia, juga masih berlaku saat ini.

Baca juga:   PKS Nilai Usul Demokrat agar Koalisi Dibubarkan Kurang Bijak

“Seperti sekarang undang-undangnya sama berlaku, Undang-Undang 9 Tahun 1998,” pungkas Mahfud MD. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar