Cerdas, Pelaku UMKM Ini Selalu Berusaha Penuhi Kebutuhan Konsumen

UMKM
Ilustrasi UMKM.

YOGYAKARTA – Istilah umum dari UMKM yaitu khasanah ekonomi yang merujuk pada ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha. UMKM artinya bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha.

Insanu Andar Ihwandari atau biasa dipanggil Ndari adalah salah satu pelaku UMKM yang sudah 5 tahun merintis usahanya. Kendala yang dihadapinya ada pada musim panen yang tidak menentu. Oleh karena itu, dia memanfaatkan hubungan antar pedagang agar selalu mendapat barang dagangan yang banyak dibutuhkan konsumen.

Baca juga:   NasDem Nilai Rencana Pemprov DKI Fasilitasi UMKM di Trotoar Merupakan Kebijakan Keliru

Para pedagang lain disekitarnya juga tidak sedikit, namun Ndari mampu bertahan dengan cara menyortir barang dagangannya antara mana yang layak dan mana yang tidak untuk dipasarkan kepada pengepul lain maupun konsumen dari masyarakat langsung.

Ndari juga berkeinginan untuk memperbesar usahanya dan selalu berusaha menambah barang dagangannya agar lebih lengkap. Saat ini dia juga mempunyai banyak macam barang dagangan lokal.

Usaha UMKM Ndari ini berupa sayur hasil dari panenan lokal. Tidak hanya itu, dia juga mengepul dari pengepul luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mungkin sayur itu tidak ada di wilayahnya.

Baca juga:   UMKM Jadi Sarana Pengembangan Hobi dan Peningkatan Ekonomi Mahasiswa

Contoh sayur yang dari luar yaitu labu, bawang putih, kubis, brokoli, dan lain sebagainya yang tidak memungkinkan untuk bisa ditanam di daerahnya. Untuk itu, Ndari membutuhkan relasi yang lebih luas.

Selain sayur-mayur, Ndari juga seorang pengepul pisang. Bahkan, pisang miliknya sudah dipasarkan ke seluruh Yogyakarta.

Hafizh Nur Insan
Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar