Mahasiswi UMB Lakukan Pendampingan Strategi Promosi di Media Sosial pada UMKM Lokal

Universitas-Mercu-Buana
. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Tiga mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB) Fakultas Ilmu Komunikasi bidang studi Advertising & Marketing Communication telah menjalankan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) dengan melakukan pendampingan kepada UMKM Dolor Donutss (Donat Daun Kelor).

Hal itu menjadi salah satu bentuk dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan UMKM milik masyarakat yang diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha di era kemajuan digital saat ini.

Dolor Donutss adalah donat daun kelor salah satu UMKM yang memiliki peluang cukup menjanjikan, karena usaha donat berbahan utama daun kelor belum terlalu banyak persaingan pasar, khususnya dibidang donat.

Situasi ini membuat peluang usaha tersebut menjanjikan, apalagi produk dari Dolor Donutss ini diproduksi sendiri dengan mengambil langsung daun kelor dari belakang rumah yang ditanam secara sengaja dan diproses pembuatannya secara bersih untuk menjaga kebersihan dan kandungan gizi yang terdapat di donat kelor tersebut.

Karena penjualan masih bersifat word of mouth Dolor Donuts memiliki kendala mengenai pelanggan, rata-rata pelanggan yang membeli hanya berada di sekitar wilayah rumah produksi Dolor Donutss saja, sedangkan yang tinggal di luar wilayah rumah produksi belum banyak yang mengetahui.

Baca juga:   Pengaruh Lingkungan Bisnis dan Strategi Operasi pada Kinerja Operasional UKM di Kasongan

Oleh karena itu, agar Dolor Donutss bisa dikenal masyarakat luas, produk ini akan dipromosikan melalui akun Instagram yang sudah dimiliki Dolor Donutss untuk menjangkau semua wilayah khususnya yang berada di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Dengan begitu produk Dolor Donutss ini memiliki peluang untuk lebih dikenal dan menambah pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan.

Tim Star Agency yang terdiri dari 3 Mahasiswi, yaitu Dafa Devia Sartika (Strategic Planner), Nur Andini (Media Planner) dan Merli Nur Citrasari (Creative Content), serta di dampingi oleh dosen pembimbing Ibu Gadis Octory, S. Ikom, M. Ikom dan Bapak Suman Jaya, S. Sos, M. Ikom.

Tim melakukan pendampingan langsung dengan pemilik UMKM Dolor Donutss (Donat Daun Kelor), Riskah Fauziah, yang berlokasi di Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Dolor Donutss sudah memiliki akun Instagram, tetapi belum banyak memiliki followers di akun Instagram tersebut. Pendampingan yang dilakukan adalah dengan membantu membuat strategi promosi online melalui media sosial Instagram sebagai media pemasaran dan promosi karena sebelumnya pemasaran dan penjualan produk UMKM Dolor Donutss masih melalui word of mouth (Mulut ke Mulut).

Baca juga:   UMKM di Bantul dengan Konsep yang Unik

Adapun langkah yang diakukan oleh tim adalah, pertama dengan membuat identitas produk Dolor Donutss, seperti logo, maskot dan tagline-nya. Kedua tim membuatkan akun Instagram sebagai media promosi online, dan Ketiga tim memberikan pengetahuan mengenai strategi kegiatan promosi baik dengan menggunakan media online atau media offline yang efektif untuk mengenbangkan usaha agar produk dapat dikenal oleh khalayak luas.

Dan yang terakhir untuk meningkatkan jumlah followers di akun tersebut, tim memberikan konten postingan yang menarik dengan tema yang unik dan sedang trending di masyarakat. Harga dari produk Dolor Donutss sendiri terbilang relatif murah 1 box isi 6 @40K dan 1 box isi 12 @60k.

Tim Star Agency
Mahasiswi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini