Penghormatan Atas Jasanya, Mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammad Dimakamkan secara Militer

Jenazah H Mar'ie Muhammad oleh negara dimakamkan dengan upacara kemiliteran di Tempat Pemakaman Umum TPU Tanah Kusir.

JAKARTA, harianpijar.com – Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasanya, jenazah mantan Menteri Keuangan, Mar’ie Muhammad dimakamkan secara militer.

Lain itu, sebelum jenazah mantan Menteri Keuangan Mar’ie Muhammas diberangkatkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, dilakukan penyerahan jenazah dari pihak keluarga yang diwakili anak pertamanya, Rifki ke pihak negara yang diwakili Kepala Staf Garnisun Tetap I DKI Jakarta, Brigjen TNI AD Almost Beard Maliogha di Mesjid Yayasan Al-Azhar.

“Saya serahkan jenazah H Mar’ie Muhammad kepada negara untuk dimakamkan dengan upacara kemiliteran di Tempat Pemakaman Umum TPU Tanah Kusir,” kata Rifki saat melakukan serah terima jenazah ayahnya kepada negara di Mesjid Yayasan Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu 11 Desember 2016.

Sedangkan Brigjen TNI AD Almost Beard Maliogha menerima jenazah untuk dimakamkan secara militer di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, selesai prosesi serah terima, jenazah dimasukkan ke mobil untuk dibawa ke pemakaman.

Baca juga:   Mar'ie Muhammad Mantan Menteri Keuangan Meninggal Dunia

Sementara, setiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, jenazah telah ditunggu oleh ratusan pelayat yang ingin megantarkannnya ke tempat peristirahatan terakhir. Terlihat diantaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Menurut Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam prosesi pemakaman ini, pada sambutannya mengatakan, sosok Mar’ie Muhammad sebagai teladan yang patut dicontoh.

“Sosok almarhum sangat bermanfaat untuk disuritauladani bagi kita yang masih hidup. Kami menyadari almarhum sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kealpaan, untuk itu saya mengajak hadirin melapangkan dada memaafkan kesalahan semasa hidupnya,” kata Mardiasmo.

Baca juga:   Mar'ie Muhammad Mantan Menteri Keuangan Meninggal Dunia

Sementara, Mahfud MD yang didaulat mewakili pihak keluarga dan HMI, untuk memberikan sambutannya.

“Mewakili keluarga dan juga seluruh alumni HMI saya sampaikan kepada seluruh yang hadir apa bila ada kesalahan pak Mar’ie Muhammad mohon dimaafkan. Dan apabila ada urusan yang belum diselesaikan dapat segera menjumpai pihak keluarga,” kata Mahfud MD.

Upacara pemakaman berlangsung dengan hikmat, walaupun hujan rintik-rintik, Jenazah almarhum H.Mar’ie Muhammad dimasukkan ke liang lahat diiringi tembakan penghormatan oleh pasukan TNI dari Garnisun Tetap I DKI Jakarta. Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini