Mar’ie Muhammad Mantan Menteri Keuangan Meninggal Dunia

Marie Muhammad, menteri keuangan di zaman orde baru, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, pada MInggu, 11 Desember 2016, pukul 1.40 WIB dini hari tadi.

JAKARTA, harianpijar.com – Mar’ie Muhammad Mantan menteri keuangan RI, meninggal dunia. Lain itu, menteri di zaman orde baru ini meninggal di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, pada MInggu, 11 Desember 2016, pukul 01.40 WIB dini hari tadi.

“Telah berpulang kehadirat Allah SWT bapak Mar’ie Muhammad, pada hari MInggi dini hari jam 1.40 WIb.. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisinya. Amin,” menurut pesan singkat yang diterima harianpijar.com, Minggu 11 Desember 2016.

Sedangakan menurut rencana, jenazah akan disemayamkan di rumah duka, di Jalan Taman Brawijaya3, nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menteri Keuangan dizaman orde baru ini meninggal di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional dalam usia ke 77 tahun.

Baca juga:   Penghormatan Atas Jasanya, Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad Dimakamkan secara Militer

Mar’ie Muhammad kelahiran 3 April 1939 itu, yang menjabat menteri keuangan pada zaman orde baru yakni pada 1993 dan 1999 sempat dijuluki Mr Clean, lantaran mendukung pemberantasan korupsi khususnya di institusi yang dipimpinnya.

Lain itu, Mar’ie Muhammad pernah membawa nama Indonesia harum, karena menjadi negara pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian sekitar 1997 silam.

Sebelumnya diketahui, Mar’ie Muhammas pernah bekerja di DirJen Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI pada 1969-1972. Selanjutnya, bekerja di DirJen Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI sebagai Direktur pada 1972-1988. Karirnya terus menanjak, pada 1988-1993 Mar’ie Muhammad menjabat di Direktorat Jenderal Pajak.

Baca juga:   Penghormatan Atas Jasanya, Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad Dimakamkan secara Militer

Pada 1993-1998 Mar’ie Muhammad menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangunan VI. Lain itu, Mar’ie Muhammad pun pernah menjadi Ketua Oversight Committee BPPN pada 1999-2000. Namun, karirnya tidak hanya pada sektor keuangan, Mar’ie Muhammad pernah menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI). Diakhir masa hidupnya, Mar’ie Muhammad masih menjabat sebagai Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesi (MTI) dan Komisaris Utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini