Microsoft
. (foto: microsoftstudios.com)

harianpijar.com – Microsoft Corp baru saja merilis Windows 10 S, versi efisien dari sistem operasi mereka yang populer, yang ditujukan untuk laptop murah bagi para siswa pada Selasa, 2 Mei 2017.

Seperti dilansir Reuters, Langkah tersebut diambil karena Microsoft mencoba merebut bagian dari komputer Chrome OS yang dikelola oleh Google.

Sementara itu, Microsoft mengatakan bahwa laptop Surface yang terintegrasi dengan Windows 10 S ini akan dibanderol mulai dari $ 999 atau sekitar Rp 13 juta, dan akan tersedia untuk pre-order mulai hari ini.

Versi baru dari sistem operasi tersebut muncul beberapa hari setelah Microsoft melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang masuk di bawah perkiraan Wall Street, karena penjualan tablet Surface dan laptop mereka merosot dalam menghadapi persaingan yang telah berubah.

Dalam sebuah konferensi pendidikan di New York, Microsoft mengatakan, Windows 10 S, yang kompatibel baik di ponsel dan desktop ini, memiliki aplikasi login sederhana yang memungkinkan sekolah untuk membuat log pada perangkat apa pun dalam beberapa saat.

Tak hanya itu, Microsoft juga mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Acer, Asus, Dell, Futijsu, Toshiba, HP, dan Samsung demi menawarkan varian komputer dengan Windows 10 bagi para siswa dengan harga mulai dari $ 189 atau sekitar Rp 2,5 juta.

Selain hal-hal diatas, Microsoft juga memperkenalkan code-builder tambahan baru dalam Minecraft edisi pendidikan untuk membantu siswa mempelajari keterampilan coding melalui game populer. Rencananya, edisi baru Minecraft akan tersedia mulai tahun ajaran baru.