Kisah Sukses Suyatin: Rela Alih Profesi demi Jadi Peternak Kambing

Untirta

BANTEN – Beralih profesi dari pekerjaan yang sudah lama digeluti memang bukan hal yang mudah. Namun, Pak Suyatin, seorang pria dari Lebak, Banten, membuktikan bahwa hal tersebut bisa dilakukan dengan tekad dan kerja keras.

Selama 15 tahun, Suyatin bekerja sebagai pemborong bangunan di Jakarta. Namun, seiring bertambahnya usia dan kondisi fisik yang semakin lemah, dirinya memutuskan untuk beralih profesi menjadi peternak kambing.

“Fisik saya sudah semakin tua dan lemah, jadi tidak memungkinkan lagi untuk terus bekerja sebagai pemborong bangunan yang membutuhkan tenaga dan pikiran yang kuat,” ujar Suyatin, Minggu, 23 Juni 2024.

Keputusan ini didasari oleh beberapa faktor, salah satunya adalah melihat banyaknya limbah rumput di sekitar yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Baca juga:   Wujudkan Ketahanan Pangan, Optimalkan Hasil Pertanian Melalui Program Pertanian Berkelanjutan

Selain itu, Suyatin ingin memiliki pekerjaan yang lebih ringan dan memungkinkan dia untuk tetap aktif di usia lanjut kemudian dia juga melihat peluang bisnis yang menjanjikan dalam peternakan kambing.

“Saya melihat banyak limbah rumput di sekitar sini, sayang jika tidak dimanfaatkan. Jadi, saya memutuskan untuk menjadi peternak kambing agar bisa memanfaatkan limbah-limbah tersebut,” jelas Suyatin.

Pilihan Suyatin untuk menjadi peternak kambing terbukti tepat. Setelah tiga tahun, usahanya berkembang pesat. Dari awalnya hanya memiliki beberapa ekor kambing dan kandang kecil saja, kini beliau memiliki peternakan kambing yang besar dan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Baca juga:   Antisipasi El Nino, Komisi IV DPR Soroti Kurangnya Keseriusan Kementan dalam Evaluasi Anggaran 2024

“Alhamdulillah, usaha saya ini berkembang pesat. Saya bisa mencari rumput sendiri dan hasil panennya pun cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk membeli bahan-bahan untuk membangun kandang baru,” ungkap Suyatin.

Suyatin berharap usahanya dapat terus berkembang dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di sekitarnya. “Saya ingin peternakan saya ini bisa menjadi contoh bagi orang lain dan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar sini,” ungkapnya.

Kisah Suyatin menunjukkan bahwa dengan tekad dan kerja keras, siapapun bisa meraih kesuksesan dalam bidang apapun, bahkan setelah beralih profesi di usia yang tidak lagi muda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini