Pemanfaatan AI dalam Penulisan Ilmiah: Inisiatif Baru Guru IPA Blitar

Unesa
Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar (baju putih), narasumber, dan peserta pelatihan PKM. (foto: dok. pribadi)

SURABAYA – Pada Sabtu, 8 Juni 2024, SMPN 1 Kota Blitar menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan penulisan ilmiah berbasis AI yang diikuti oleh 20 orang guru MGMP IPA Kota Blitar.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program (PKM) Studi S2 Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan MGMP Kota Blitar.

Pelatihan ini berjudul “Pendampingan Penulisan Ilmiah Berbasis Small Scale Research Berbantuan Artificial Intelligence (AI) Bagi Guru IPA SMP di Kota Blitar”. Tujuannya untuk memperkenalkan penggunaan teknologi AI, dalam penulisan ilmiah dan strategi publikasi.

Latar belakang kegiatan ini diawali dengan proses diskusi antara Bapak Koordinator Program Studi S2 Pendidikan Sains dan Ketua Tim PKM, Bapak Dr. Eko Hariyono, M.Pd. dan Bapak Aris Rudi Purnomo, M.Pd., M.Sc. dengan Ketua MGMP IPA Kota Blitar, Bapak Hamid Arif Shodiqi, M.Pd.

Di awal diskusi, Hamid Arif menyampaikan bahwa guru-guru IPA di Kota Blitar memiliki potensi yang sangat bagus, salah satunya dari karya media pembelajaran yang dihasilkan. Namun, di era saat ini beliau khawatir apa yang sudah dikerjakan oleh guru-guru ini dianggap sama saja dengan karya media pembelajaran lain yang sudah lebih dulu ada.

Terlebih, kegiatan menulis dan publikasi saat ini bukan menjadi syarat wajib bagi guru untuk mengurus kepangkatan. Imbasnya, aktivitas menulis ilmiah menjadi kurang diminati oleh guru.

Unesa
. (foto: dok. pribadi)

Menjawab rasa kekhawatiran dari guru-guru IPA Kota Blitar dan juga minat terhadap dunia menulis ilmiah yang kurang terbangun, Tim PKM mengaplikasikan aplikasi AI untuk membantu guru menulis ilmiah. Ada beberapa tools yang ditawarkan seperti ChatGPT, perplexity, dan Copilot.

Baca juga:   Asah Kompetensi Guru IPA SMP se-Kota Mojokerto, Tim Dosen UNESA Beri Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Berbasis "Principled Use of Video"

Data yang digunakan untuk bahan menulis ilmiah ini berasal dari data nilai siswa dan juga uji coba media terbatas di kelas masing-masing guru. Metode pelatihan dilakukan dengan workshop secara luring dan daring karena memberikan fleksibilitas kepada para peserta dalam mengikuti kegiatan.

Tim PKM berpendapat bahwa melalui tulisan ilmiah ini, kekhawatiran yang muncul di benak guru-guru IPA Kota Blitar dapat dihilangkan. Masyarakat pembaca akan menilai seberapa jauh karya guru IPA Kota Blitar bersifat orisinal dan bermanfaat di dunia pendidikan. Dengan catatan, orisinalitas karya tidak hanya dilihat dari bendanya, melainkan juga konteks situasi penggunaan dan usernya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Bapak Dindin Alinurdin, AP, yang memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif peningkatan kompetensi guru melalui teknologi AI.

Dalam sambutannya, Bapak Dindin Alinurdin menyampaikan apresiasi atas semangat para guru yang berpartisipasi dalam pelatihan ini. Dia berharap bahwa penggunaan teknologi AI dapat membantu para guru dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas dan memperluas jangkauan publikasi mereka.

Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi selama pelatihan berlangsung. Terbukti mereka asyik mengutak-atik prompt untuk menghasilkan tulisan yang relevan dengan data yang ada.

Banyak di antara mereka yang mengaku belum pernah menggunakan tools AI untuk menulis ilmiah sebelumnya. Penggunaan teknologi AI sebelumnya oleh para guru hanya terbatas pada pembuatan latihan soal.

Baca juga:   Tingkatkan Sikap Positif, Tim PKM UNESA Bekali Siswa SMA Islam Almaarif dengan Pelatihan Strategi Belajar
Unesa
Jalannya pelatihan dan diskusi dengan peserta PKM. (foto: dok. pribadi)

Salah satu peserta dari SMPK Yoga bahkan menyatakan keinginan untuk memanfaatkan tools AI tersebut dalam mempublikasikan berbagai karyanya, mulai dari media pembelajaran hingga aktivitas pembinaan sains di lingkungan sekolah.

Kegiatan pelatihan ini mencakup materi mengenai cara memaksimalkan penggunaan aplikasi AI dalam penulisan ilmiah serta strategi untuk publikasi karya ilmiah. AI sendiri adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk menjalankan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, seperti pemahaman bahasa, pengenalan pola, dan pengambilan keputusan.

Salah satu contoh aplikasi AI yang populer adalah aplikasi chatbot (ChatGPT dan Copliot). Aplikasi chatbot dibangun menggunakan model bahasa generatif bernama Generative Pre-training Transformer (GPT).

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem melalui percakapan alami, menjawab pertanyaan, memberikan informasi, dan bahkan membantu dalam penulisan konten.

ChatGPT menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami dan merespons input pengguna dengan cara yang sangat mirip dengan manusia, membuatnya menjadi alat yang bermanfaat dalam berbagai konteks, mulai dari layanan pelanggan hingga pendidikan dan penulisan ilmiah.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para guru MGMP IPA Kota Blitar dapat lebih siap dan percaya diri dalam menggunakan teknologi AI untuk mendukung penulisan ilmiah dan publikasi karya mereka.

Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Kota Blitar, sekaligus membekali para guru dengan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini