Dampak Positif Nongkrong di Warung Kopi bagi Mahasiswa

ngopi

PONOROGO – Ngopi merupakan istilah ajakan seorang mahasiswa kepada teman lainya untuk berkumpul dan bercerita. Biasanya seorang mahasiswa akan mengajak temanya untuk berkumpul bersama di sebuah warung kopi untuk membahas suatu hal.

Mulai dari hal yang penting seperti kabar, keluarga, sekolah, kerja, maupun hal-hal yang tidak penting. Seperti, bercerita pengalaman, maupun bercerita tentang hal yang dia ketahui, bermain game, dan lain-lain.

Waktu yang mereka gunakan untuk ngopi biasanya setelah jam kuliah atau diwaktu-waktu yang longgar seperti, malam hari atau diwaktu libur. Banyak orang yang berkumpul itu paling sedikit 2 orang dan paling banyak tak terbatas.

Mereka yang datang biasanya yang tidak sibuk atau sedang melonggarkan waktu luangnya. Mereka yang berkumpul juga tidak mesti memesan kopi. Beberapa memesan es teh, es susu, es coklat dan lain sebagainya. Untuk makananya biasanya mereka memesan gorengan, bakaran, nasi bungkus dan lain-lain guna untuk menemani mereka ketika sedang bercerita.

Banyak yang beranggapan bahwa nongkrong di warung kopi tidak ada gunanya. Mereka berpendapat bahwa nongkrong di warung kopi hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran, dan uang. Mereka berpendapat juga lebih baik digunakan untuk belajar membaca buku, les, kerja atau bahkan membantu kedua orang tua dari pada nongkrong di warung kopi yang tak jelas.

Baca juga:   Seorang Nenek Ditandu oleh Warga Menuruni Jalan Terjal Demi Dapat Berobat

Asumsi-asumsi ini sering kita dengarkan dari orang-orang yang sibuk dengan hal-hal penting seperti, orang tua, guru, dan beberapa orang lainya. Padahal kalau kita lihat lebih jauh banyak hal yang bisa kita dapatkan dari sekedar hanya nongkrong di warung kopi.

Banyak hal baik yang bisa kita ambil dari nongkrong diwarung kopi. Berikut beberapa hal baik yang didapatkan ketika nongkrong di warung kopi:

1. Menjalin silaturahmi

Seseorang yang bertemu dengan teman lainya tentu akan menjalin hubungan baik. Dengan bisa berkumpul dengan temannya maka timbulah interaksi antara satu dengan yang lainya. Sehingga menimbulkan hubungan yang baik antar mahasiswa.

2. Menambah teman

Biasanya seorang mahasiswa ketika berkumpul dengan temannya ia mengajak teman yang beda kelompok. Sehingga ketika berkumpul orang baru ini akan berkenalan dengan teman kelompoknya begitu juga sebaliknya, teman kelompok ini berkenalan dengan orang baru tersebut. Sehingga mereka dapat menambah hubungan pertemanan.

3. Menghilangkan stres atau beban

Ketika diperkuliahan tentunya banyak mahasiswa-mahasiswa yang merasa banyak pikiran, stress akibat materi ataupun tugas yang diberikan dosen. Tentunya dengan bertemu temannya beban pikiran selama perkuliahan dapat berkurang bahkan hilang dikarenakan selama bertemu mereka banyak bercerita, tertawa dan bahkan memberi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Baca juga:   Skincare Murah yang Bikin Kamu Putih Glowing

4. Menambah wawasan

Banyak hal yang di dapat ketika seseorang ngopi bersama temanya. Salah satunya yaitu menambah wawasan atau pengetahuan. Ketika mereka berkumpul tentunya mereka akan saling berkomunikasi, bertukar informasi, serta saling memberi pengalaman atas apa yang mereka ketahui. Tentunya akan menambah wawasan serta membantu mereka-mereka yang sedang dalam masalah.

5. Menambah nilai ekonomi

Dilihat dari sudut pandang yang lain, seorang mahasiswa yang nongkrong di warung kopi tentunya akan menambah pendapatan dari pemilik warung kopi tersebut. Secara tidak langsung ia membantu meningkatkan ekonomi bagi orang lain. Akan tetapi, harus tetap dalam batasan dikarenakan agar tidak menurunkan nilai ekonomi mahasiswa itu sendiri.

Beberapa poin diatas mengungkapkan bahwa nongkrong di warung kopi atau ngopi tidak selamanya buruk. Banyak hal baik yang didapatkan. Akan tetapi, perlu pembatasan agar ngopi yang dilakukan tetap membawa hal baik bukan membawa kepada hal yang buruk. Jika seseorang tidak dapat mengelola uang dan waktunya tentu ia akan mengalami hal buruk terkait nongkrong di warung kopi.

Penulis: Hafiz Nabilunnuha

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini