PTPN XII Kebun Bangelan-Bantaran Menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

UPN-Veteran

JAWA TIMUR – Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Kebun Bangelan-Bantaran menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di lapangan olahraga, pada Minggu, 1 Oktober 2023. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut berlangsung mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai.

Berdasarkan surat Kemendikbud Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, tema Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan akan ideologi Pancasila sebagai landasan kehidupan bangsa yang tidak dapat tergantikan oleh ideologi lain.

Baca juga:   Peringati Hari Kesaktian Pancasila, PTPN XII Kebun Bangelan-Bantaran Gelar Upacara

Pada kegiatan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut diikuti oleh karyawan kantor, pabrik, Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI), afdeling besaran, afdeling kampung baru, dan mahasiswa magang. Beberapa Mahasiswa magang berkontribusi menjadi petugas upacara diantaranya menjadi pembawa acara, pembacaan UUD 1945, dan pembawa teks Pancasila.

Manager PTPN XII Kebun Bangelan-Bantaran Broto Widyo Lukito bertindak selaku inspektur upacara dan memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

Dalam penggalan amanatnya, inspektur upacara menyampaikan bahwa, “Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita. Selain itu, Pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan.”

Baca juga:   Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di PTPN XII Bangelan-Bantaran

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan UPN “Veteran” Jawa Timur yang sedang melaksanakan magang di PTPN XII Kebun Bangelan-Bantaran ikut andil dalam persiapan upacara dan mengikuti kegiatan upacara.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang.

Pinta Ainun Nadhiroh
Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini