Berkolaborasi dengan DPL, Mahasiswa KKN-IKMB IAIN Kudus Gelar Seminar Moderasi Beragama

IAIN-Kudus

KUDUS – KKN-IKMB Kelompok 064 IAIN Kudus di Desa Tawangrejo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora berkolaborasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk mengadakan kegiatan terkait sosialisasi dan penguatan nilai-nilai moderasi beragama pada Selasa, 19 September 2023.

Kegiatan seminar moderasi beragama ini bertemakan “PEREMPUAN HEBAT SEBAGAI BASIS KEKUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM KELUARGA”.

Pemilihan tema ini berangkat dari narasumber yang ingin memberikan inspirasi kepada ibu-ibu agar menjadi perempuan yang hebat dengan basis moderasi beragama dalam keluarga.

Hal itu karena seorang ibu merupakan sekolah pertama untuk anak-anaknya dan merupakan salah satu bagian penting dalam rumah tangga, di mana penanaman bibit-bibit perdamaian, cinta kasih, dan toleransi diberikan.

Baca juga:   Mahasiswa IAIN Kudus Lakukan Observasi Usaha Peternakan Ayam Pedaging

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat ibu-ibu dan memberikan arahan untuk memperbaiki pola asuh kepada anaknya agar menjadi anak yang berkualitas serta dapat menghargai perbedaan.

Kegiatan sosialisasi bertempat di Pendopo Balai Desa Tawangrejo berlangsung pada pukul 10.30-13.00 WIB. Untuk sasaran peserta seminar ini antara lain dari ibu-ibu Muslimat, ibu-ibu PKK, guru TK, dan ibu-ibu wali murid TK. Selain dari ibu-ibu, seminar ini juga dihadiri oleh kepala desa dan jajaran perangkatnya.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Koordinator Desa KKN-IKMB Kelompok 064 yaitu Zuvan Dwi Budiharso. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Tawangrejo yakni Bapak H. Bambang Budiyono, ST. setelah itu baru dilanjutkan pemaparan sosialisasi moderasi beragama.

Baca juga:   Penjualan Tempe Laris dengan Pembuatan Tradisional

Narasumber yang menyampaikan materi pada seminar ini adalah Dosen IAIN Kudus yakni Ibu Efa Ida Amaliyah, MA. Penyampaian materi dimulai dengan menjelaskan apa itu moderasi beragama dalam beberapa konteks setelah itu dilanjutkan alasan kenapa perempuan/ibu sebagai sasaran temanya. Dan disempurnakan dengan pemberian materi tentang pendidikan karakter.

Dari penjelasan yang sudah disampaikan oleh narasumber menghasilkan kesimpulan bahwa kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menginspirasi para perempuan/ibu.

Bahwasanya perempuan harus menguatkan atau menerapkan nilai-nilai dari moderasi beragama yang dimulai dari keluarganya lebih khusus lagi terhadap anaknya serta memberikan pemahaman kepada perempuan/ibu terkait pendidikan karakter anak.

Reporter: Abdul Lathif & Farhatul Mustafidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini