Awali Pagi dengan Bersih-Bersih Bersama PPSU

SMA-TR
. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Para siswa dari SMA Tri Ratna melakukan kegiatan aksi nyata yaitu bersih-bersih lingkungan Kelurahan Krukut bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Hal ini dapat terjadi karena adanya dorongan dari monthly project kami yang bertemakan bersih-bersih lingkungan.

Apa itu monthly project?

– Monthly project merupakan sebuah project yang terbentuk hasil dari gabungan beberapa mata pelajaran yang saling memiliki kesamaan sehingga dapat dibuat sebuah project, biasanya monthly project sesuai dengan namanya berdurasikan hanya selama 1 bulan dan projectnya berbeda-beda disetiap bulan.

– Monthly project kami kali ini tercakup 3 mata pelajaran yaitu agama, sejarah, dan pendidikan pancasila, yang berisikan sebuah projek aksi nyata yang mencerminkan budaya masyarakat timur dalam hal ini merupakan asia yang hidup saling gotong royong.

Dalam melakukan project ini kami melakukan bersih-bersih yang dilakukan di wilayah Kelurahan Krukut, kami melakukan bersih-bersih di ruang lingkup Kelurahan Krukut dengan menggandeng instansi PPSU Kelurahan Krukut untuk bekerja sama dan gotong royong dalam melakukan kegiatan bersih-bersih.

Dalam melakukan bersih-bersih ini kami dibagi menjadi 4 Zona sesuai dengan zona bagian PPSU sebelumnya, kami bergabung dengan zona 1.

Manfaat dan tujuan yang didapat

Sangat banyak sekali hal-hal positif yang kami sadari setelah mengikuti monthly project: aksi nyata bersih-bersih bersama PPSU ini, seperti kami mulai mengerti betapa mulianya anggota PSSU dalam menjalankan tugasnya, lalu kebersihan lingkungan tidak semudah itu untuk bersih dan rapi seperti keadaan sekarang ini, maka kami pun menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Kami lalu mempraktikan budaya timur selama aksi nyata tersebut, seperti gotong royong antar anggota kelompok untuk saling membantu membersihkan jalanan dan saling meringankan pekerjaan masing-masing anggota, lalu kami pun menanamkan sikap sopan santun dalam berperilaku di masyarakat lingkungan sekitar dan memiliki rasa santun terhadap para anggota PSSU yang terhormat dan telah membantu kami dalam mempelajari bagaimana melaksanakan aksi nyata bersih-bersih ini hingga selesai dengan baik.

Jadi, sebelum melaksanakan monthly project kami dibagi 5 kelompok dari 2 kelas, kami adalah kelompok 1 yang akan bertugas di Zona 1, dan kami harus menyiapkan beberapa persediaan untuk melaksanakan monthly project yaitu berupa sapu lidi, pengki, sarung tangan, dan trash bag (kantong sampah).

Aktivitas dalam bersih-bersih

1. Menyapu dan membersihkan sampah yang berada di jalanan dan got

Yang pertama, kami membersihkan sampah yang berada di jalanan dengan menyapu menggunakan sapu lidi dan kami juga membersihkan got yang kotor dengan sampah plastik, botol, tisu serta sampah lainnya.

Kami membersihkan lingkungan dengan bantuan dari beberapa anggota PPSU, di sana kami juga diajari bagaimana cara menyapu dan membersihkan sampah di got.

2. Memasukkan sampah yang dibersihkan ke dalam kantong

Kami memasukkan sampah-sampah yang tadi sudah dikumpulkan ke dalam kantong bekas, kantong ini bisa berupa kantong beras kosong atapun kantong plastik, setelah semua sampah telah dimasukkan ke dalam kantong, kantong tersebut akan kami kumpulkan di satu tempat yang nanti akan diangkut oleh truk sampah dan dibuang ke pembuangan sampah yang mengolah sampah.

Hasil dari aktifitas

Setelah melakukan aktifitas ini, tentunya kami pun dapat merasakan hasil nyata yang memuaskan yaitu lingkungan tempat kami melakukan kegiatan tersebut dapat menjadi lebih bersih, selain itu kami juga dapat membantu meringankan pekerjaan PPSU.

Hasil dari kegiatan ini pun merubah pola pikir kami yang semula masih tidak perduli dengan kebersihan lingkungan kini menjadi lebih memperhatikan lingkungan karena tahu betapa lelahnya pekerjaan PPSU serta membuat kami sadar bahwa lingkungan yang bersih dapat membuat kami lebih nyaman.

Florencia Fransisca, Kezia Andella, Rayhan, Joyce, Alvin

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini