Pendampingan Gizi dengan Buku Harian Monitoring dan Game Interaktif oleh Mahasiswa UMM PMM Kelompok 33

UMM
Penyampaian materi makanan 4 sehat 5 sempurna di TPQ Nurul Jannah. (foto: dok. pribadi)

MALANG – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Salah satunya yang dilaksanakan oleh kelompok 33 gelombang 4 pada Senin, 14 Agustus 2023, di TPQ Nurul Jannah Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang. Dengan beranggotakan 4 orang yaitu Rudi, Nanta, Ayu, dan Rafika. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan I’anatut Thoifah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Penerapan pola hidup sehat dengan memperhatikan pola makanan 4 sehat 5 sempurna masih sulit diterapkan pada anak-anak usia dini. Oleh karena itu, PMM kelompok 33 melakukan peyuluhan dan pendampingan gizi untuk memantau status gizi anak-anak TPQ Nurul Jannah.

Baca juga:   Mahasiswa PMM UMM Melakukan Pengenalan Makanan Bergizi dengan Metode Flash Card pada Anak Usia Dini

Kegiatan PMM diawali dengan penyampaian materi makanan 4 sehat 5 sempurna dan edukasi makanan tidak sehat dengan media poster yang dibagikan ke anak-anak. Tidak hanya dibagikan, poster juga ditempel di sekitar lingkungan TPQ Nurul Jannah.

Lalu kami juga memberikan materi melalui video animasi untuk memudahkan anak-anak dalam memahami materi yang dijelaskan.

Dalam kegiatan PMM ini, pendampingan gizi juga diberikan dengan metode game interaktif yang diakses menggunakan smartphone dengan didampingi oleh anggota kelompok kami.

Lalu kami juga memberikan game interaktif dengan media gambar seperti makanan lauk pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Nantinya anak-anak akan menebak gambar dengan petunjuk yang telah diberikan. Dengan game ini kemampuan kognitif anak akan berkembang.

Baca juga:   Lakukan Kegiatan PMM, Mahasiswa Ikut Meriahkan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

Diakhir penyampaian edukasi makanan sehat dan game, kami memberikan buku harian monitoring gizi kepada anak-anak TPQ Nurul Jannah untuk pemantauan gizi. Buku ini nantinya akan diisi sesuai dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Pengisian buku harian nantinya akan dibantu kedua orangtua di rumah. Untuk mengetahui perkembangan mereka, kami akan melakukan pengecekan buku secara berkala.

Dengan adanya kegiatan PMM Bhaktiku Negeri ini diharapkan anak-anak TPQ Nurul Jannah dapat memahami bagaimana cara menjaga pola gizi yang baik dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Sehingga status gizi anak tetap terjaga dan dapat menunjang perkembangan anak-anak dengan baik.

*Penulis adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini