Peran Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dalam Program MBKM Magang Mandiri

UPN-Veteran
Mahasiswa membantu perusahaan untuk persiapan dokumen sebagai prasyarat sertifikasi ISO 22000:2018. (foto: dok. pribadi)

SURABAYA – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur telah diberi kesempatan untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kemendikbudristek menjelaskan bahwa program MBKM merupakan inovasi program yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek untuk mentransformasikan sistem Pendidikan tinggi yang ada di Indonesia agar menghasilkan lulusan yang lebih relevan (Kemendikbud, 2022).

MBKM Magang Mandiri bertujuan untuk belajar di luar kampus atau langsung terjun ke lapangan. Sehingga dalam bentuk program MBKM Magang Mandiri ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih luas secara langsung di dunia kerja.

Kegiatan Program MBKM Magang Mandiri ini dilaksanakan selama 4 bulan, mulai bulan Februari hingga Mei tahun 2023, di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan yang berlokasi di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.

Perusahaan tersebut memproduksi produk frozen food (bebek ungkep beku), sambal, abon dan bumbu rempah serbaguna. Produk frozen food (bebek ungkep beku) ini adalah makanan olahan siap saji dalam keadaan kondisi beku.

Menurut Rahardjo (2016), makanan olahan beku atau frozen food adalah jenis produk pangan dari proses pengawetan yang dilakukan dengan menurunkan suhu sampai ke titik beku atau pembekuan dengan tujuan untuk memperlambat proses pembusukan pada makanan.

Baca juga:   Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN "Veteran" Melaksanakan Magang Mandiri

Selain itu, untuk produk bumbu rempah serbaguna milik perusahaan merupakan produk bumbu serbaguna yang dapat digunakan berbagai macam masakan seperti bumbu gulai, rendang, kari, nasi kebuli, nasi goreng, dan sebagainya.

Selama kegiatan MBKM Magang Mandiri, pengalaman magang ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran hal baru bagi mahasiswa magang untuk pembekalan di dunia kerja nantinya.

Pengalaman yang dirasakan mahasiswa saat magang yaitu, mengetahui proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan yakni proses produksi frozen food (bebek ungkep beku), sambal, abon, dan bumbu rempah serbaguna, kegiatan pendampingan persiapan dokumen untuk persyaratan sertifikasi ISO 22000, NKV, dan HACCP, serta mengetahui cara mencari peluang usaha untuk mendirikan sebuah perusahaan.

Kegiatan MBKM Magang Mandiri dilakukan rekognisi mata kuliah yaitu mahasiswa dapat mengonversi mata kuliah sebanyak 20 SKS terdiri dari mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan softskill.

Implementasi yang didapatkan pada mata kuliah wajib yaitu, kegiatan pendampingan persiapan dokumen untuk persyaratan sertifikasi ISO 22000, NKV, dan HACCP dapat dikonversi ke mata kuliah legislasi pangan.

Implementasi yang didapatkan mata kuliah pilihan yaitu, proses produksi bahan baku yang digunakan perusahaan adalah bebek dan bumbu rempah dapat dikonversi ke mata kuliah teknologi pengolahan daging dan ikan serta mata kuliah teknologi pengolahan bumbu dan rempah.

Baca juga:   Kegiatan MBKM Berperan dalam Implementasi Strategi Pemasaran Produk Minuman Serbuk Instan

Selanjutnya, implementasi yang didapatkan pada mata kuliah softskill, yaitu saat kegiatan produksi dan kegiatan pendampingan persiapan dokumen untuk persyaratan sertifikasi ISO 22000, NKV, dan HACCP dapat dikonversi ke mata kuliah Kerja Sama Tim.

Harapan mahasiswa pada program MBKM Magang Mandiri ini adalah dapat bermanfaat untuk kedepannya serta meningkatkan softskill dan hardskill.

Softskill yang diperoleh mahasiswa magang yaitu kerja sama tim dan komunikasi yang baik telah diperoleh saat kegiatan magang berlangsung.

Kemudian, hardskill yang diperoleh mahasiswa magang yaitu mahasiswa dapat mengetahui cara proses produksi, persiapan dokumen untuk persyaratan seritifikasi ISO 22000, NKV, dan HACCP secara langsung di dunia kerja.

Penulis: Mahasiswa dan Dosen Teknologi Pangan Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jawa Timur (Zahra Salsabila dan Rahmawati, S.Pi., M.Sc.)

Referensi:

Rahardjo, C. R. (2016). 4. Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32–43.

Kemendikbud. (2022). Apa itu MBKM Mandiri? Pusat Informasi Kampus Merdeka. Diakses 10 Juli 2023. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini