Mahasiswa Sistem Informasi UPN “Vetaran” Membangun Website BPBD Kota Surabaya

UPN-Veteran

SURABAYA – Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur yang beranggotakan Rafi Nuril Zhafran (21), Bagas Tarangga (21), Moh Ardiansyah Eka Putra (22), Alif Nur Rahman Hakim (21), Moh Chevalier Daniswara (22), Faradewi Kirana (21), dan Verika Bayu (21) turut andil dalam mengembangkan sebuah website untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi bencana dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, bencana alam sering melanda berbagai daerah di Indonesia, termasuk Surabaya. Kesiapan dalam menghadapi bencana menjadi sangat penting untuk melindungi nyawa dan harta benda masyarakat.

Oleh karena itu, BPBD Kota Surabaya merasa perlu untuk meningkatkan aksesibilitas informasi terkait bencana kepada masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan aksesibilitas informasi tersebut, BPBD Kota Surabaya bekerja sama dengan mahasiswa Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim. Para mahasiswa ini memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan perangkat lunak serta pemrograman web.

Baca juga:   Potensi yang Masih Tersimpan pada Kawasan Sumberejo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro

Dengan semangat sukarela, mereka sepakat untuk membantu BPBD dalam membangun sebuah website yang dapat memberikan informasi terkini terkait bencana kepada masyarakat Surabaya.

Website yang dibangun oleh mahasiswa Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim ini memiliki berbagai fitur yang sangat berguna. Salah satunya adalah pembaruan informasi secara real-time mengenai cuaca, banjir, dan berita bencana terkini yang terjadi di Kota Surabaya.

Informasi tersebut didapatkan melalui sumber-sumber terpercaya seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta BPBD sendiri.

Selain itu, website ini juga dilengkapi dengan peta interaktif yang menunjukkan daerah-daerah rawan bencana serta keberadaan pos pantau layanan BPBD di Kota Surabaya.

Peta-peta tersebut akan membantu masyarakat untuk lebih memahami tingkat risiko dan membuat keputusan yang tepat dalam menghadapi bencana. Terdapat juga panduan dan tips keamanan yang diberikan oleh BPBD untuk membantu masyarakat dalam mengurangi dampak bencana.

Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, proyek ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim.

Baca juga:   Kegiatan Magang MBKM Mahasiswa UPN "Veteran": Wisata Edukasi dengan Pengenalan Jenis dan Pengolahan Kopi bagi Anak-Anak TK

Mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dibangku kuliah ke dalam dunia nyata. Hal ini membantu mereka untuk lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja setelah lulus nanti.

Diharapkan, keberhasilan proyek ini dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengintegrasikan pembelajaran dengan kepentingan masyarakat. Kolaborasi antara akademisi dan instansi pemerintah maupun non-pemerintah dapat menciptakan solusi inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan adanya website ini, diharapkan masyarakat Surabaya akan lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana. Informasi yang mudah diakses dan up-to-date akan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan yang tepat dalam situasi darurat.

Semoga proyek ini menjadi langkah awal yang baik dalam memperkuat kesiapan bencana di Kota Surabaya dan daerah sekitarnya.

Penulis: Rafi Nuril Zhafran
Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini