Mengenal Manfaat Green Coffee oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur

Green-Coffee

JAWA TIMUR – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur atau yang biasa dikenal dengan UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diberikan kesempatan untuk belajar di luar kampus atau belajar langsung dilapangan.

Program dari MBKM salah satunya ialah ISS-PKKM dalam bentuk magang di suatu industri untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan di lapangan atau dunia kerja secara langsung nantinya.

Manfaat yang akan di dapat mahasiswa program MBKM ini sangat banyak mulai dari profil perusahaan, struktur organisasi perusahaan, alat-alat produksi, dan tentunya proses produksi di perusahaan.

Mahasiswa yang mengikuti MBKM sebelumnya akan diseleksi dan akan ditempatkan di berbagai daerah salah satunya di tempat kami yaitu di CV. Kopi Citarasa Persada Pasuruan yang dilaksanakan pada tanggal 26 September-14 Desember 2022.

CV. Kopi Citarasa Persada ini merupakan salah satu produsen kopi di Pasuruan yang memproduksi berbagai macam olahan seperti kopi robusta, kopi arabika, blend coffee, cascara, teh daun kopi, dan green coffee.

Artikel yang akan dibahas kali ini yaitu mengenai green coffee yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Green coffee merupakan kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang belum melalui proses roasting atau pemanggangan. CV. Kopi Citarasa Persada menjual green coffee dalam bentuk biji kopi maupun bubuk biasanya juga sesuai dengan pesanan dari konsumen kopi tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat dari green coffee :

Baca juga:   Kampus Mengajar Angkatan 4: Tingkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Pelosok Negeriku

1. Menurunkan berat badan

Green coffee memiliki kemampuan menyerap kandungan glukosa dalam tubuh dan mengatur metabolisme tubuh oleh kandungan asam klorogena yang sangat tinggi. Green coffee meningkatkan kemampuan membakar lemak, proses penurunan berat badan, dan menjaga kadar nutrisi dalam tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme

Green coffee memiliki kandungan Asam Chlorogenic yang mampu meningkatkan fungsi metabolisme. Tingkat Metabolisme Basal (BMR) dalam tubuh akan mengalami peningkatan signifikan, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah.

Ketika kekurangan glukosa, tubuh mulai membakar sel lemak yang tersimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosanya. Dengan demikian, green coffee yang murni mampu meningkatkan kemampuan membakar lemak dan menurunkan berat badan jadi lebih mudah.

3. Antioksidan tinggi

Manfaat green coffee yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna bagi tubuh akibat kerusakan oleh radikal bebas. Green coffee memiliki Asam Chlorogenic (CGA) murni.

Menurut penelitian Journal of Agricultural and Food Chemistry, green coffee dapat mencegah beberapa perkembangan jenis kanker, mengurangi kerusakan organ yang ditimbulkan oleh radikal bebas, membantu menjaga tingkat glukosa dalam darah serta mencegah sel kulit agar tidak rusak.

4. Meningkatkan energi

Kandungan dalam green coffee memiliki jumlah kafein yang tinggi. Green coffee bisa digunakan sebagai penambah energi yang sangat baik.

Baca juga:   Penyuluhan Produk Inovasi Kreatif oleh Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

5. Mengurangi kolesterol jahat

Mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam dikatakan terkontrol apabila rutin mengonsusmsi green coffee. Mengonsumsi ekstrak green coffee dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Low density lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat, merupakan penyebab utama yang membuat tubuh rentan terhadap gangguan kardiovaskular yang mematikan termasuk serangan jantung.

6. Menurunkan tekanan darah

Green coffee juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan asam klorogenatnya yang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

7. Detoksifikasi alami

Ekstrak green coffee akan membersihkan organ hati dari racun seperti kolesterol jahat, dan lemak berlebih. Ketika hati sudah bersih dari racun, maka akan dapat berfungsi secara normal dan kesehatan tubuh dapat terjaga.

Detoksifikasi akan memperbaiki banyak hal, diantaranya meningkatkan metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.

8. Memperlambat penuaan

Green coffee dapat mempertahankan kadar bahan volatil tinggi karena tidak perlu menjalani prosedur pemanggangan. Asam Gamma Aminobutyric (GABA), Theophylline, Epigallocatechin Gallate, dll adalah beberapa bahan yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Reysa Fentiyaridha Hidayah
Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar