Soal Kasus Formula E, Anies: Saya Percaya KPK Profesional

Anies-Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (foto: detik/Soraya Novika)

harianpijar.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa yakin KPK profesional dalam mengusut kasus dugaan korupsi Formula E Jakarta. Dirinya menilai sudah sewajarnya KPK sebagai lembaga antikorupsi menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Saya rasa KPK menjalankan tugasnya secara profesional. Ketika sebuah institusi menerima laporan maka institusi harus menindaklanjuti,” ujar Anies Baswedan saat ditemui di Kampung Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Oktober 2022.

Anies Baswedan mengatakan apa yang dilakukan KPK ini sama dengan kesehariannya bertugas di Pemprov DKI Jakarta. Dirinya mengaku kerap melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menindaklanjuti laporan.

Baca juga:   Diduga Terima Suap Pengerjaan Proyek, Istri Gubernur Bengkulu Ditangkap KPK

Karena itu, Anies Baswedan percaya KPK menjalankan tugasnya secara profesional, terutama dalam menentukan apakah suatu laporan perlu dilanjutkan maupun sebaliknya.

“Sama seperti saya di Pemprov DKI Jakarta, kalau saya di Pemprov terima laporan maka saya akan melakukan penyelidikan, di cek apakah laporannya benar atau tidak,” kata Anies Baswedan.

“Kalau benar diteruskan, kalau tidak benar ya sudah selesai. Kita hormati saya percaya KPK menjalankan tugasnya dengan profesional,” imbuhnya.

Baca juga:   Jimly Asshiddiqie: Wacana Penghentian Dana KPK dan Polri Hanya Sebagai Gertakan

Diketahui, penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E Jakarta masih terus bergulir di KPK. Dua mantan pimpinan KPK pun pasang badan membela Anies Baswedan yang diisukan ‘ditarget’ KPK dalam kasus tersebut.

Adalah Saut Situmorang dan Bambang Widjojanto (BW) yang muncul membela Anies Baswedan. Kemunculan keduanya membela mantan Mendikbud itu diketahui dalam acara webinar Formula E Universitas Al-Azhar Indonesia, pada Sabtu, 8 Oktober 2022. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini