Jhoni Allen Diberhentikan dari DPR, Demokrat Berterima Kasih ke Presiden Jokowi

Jhoni-Allen-Marbun
Jhoni Allen Marbun. (foto: detik/Ari Saputra)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerbitkan Keppres terkait pemberhentian Jhoni Allen Marbun dari jabatan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat. Terkait hal itu, Partai Demokrat menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

“Terima kasih kepada Bapak Jokowi, karena bagaimanapun Pak Jhoni Allen telah melanggar AD/ART dan pakta integritas maupun kode etik internal Partai Demokrat,” kata Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di Gedung JCC, Jakarta Pusat, Kamis, 15 September 2022.

Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan pemberhentian Jhoni Allen Marbun dari DPR telah melalui proses AD/ART yang dilakukan. Partai Demokrat, kata dia, telah mengajukan pemberhentian sejak lama namun ada proses pengadilan sehingga terhambat.

“Akhirnya sudah ditandatangani oleh Ketua DPR Mbak Puan dan ditandatangani Pak Jokowi. Terima kasih kita apresiasi Pak Jokowi karena beliau mematuhi undang-undang. Karena undang-undang masuknya 14 hari Presiden masih merespons, pasca diajukannya oleh pimpinan DPR,” ucapnya.

Baca juga:   Serahkan Mandat ke Jokowi, Taufiqulhadi Nilai Pimpinan KPK Bermaksud Permalukan Presiden

Selain itu, Herzaky Mahendra Putra juga menegaskan bahwa tidak ada dualisme di internal Partai Demokrat. Dirinya menyebut Jhoni Allen Marbun cs hanyalah gerombolan yang cuma memiliki kekuatan finansial dan dekat dengan kekuasaan.

“Kenapa waktu itu ada pemecatan Jhoni Allen kemudian diusulkan pergantian, karena aspirasi teman-teman kader juga bahwa mereka tidak mau ada penghianat dalam partai ini, kita harus tegas dong. Mereka mengganggu kita, berusaha merebut secara paksa kepemimpinan sah Partai Demokrat di tangan Mas AHY. Aspirasi inilah yang ditangkap Mas AHY akhirnya diputuskan memecat mereka, termasuk Mas Jhoni Allen. Karena dipecat, kita harus gantilah,” ujar Herzaky Mahendra Putra.

Baca juga:   Bambang Soesatyo: Jokowi Tak Akan Beri Restu-restuan Terkait Pemilihan Ketum Golkar

Sebelumnya, Partai Demokrat mengatakan pengganti antarwaktu (PAW) Jhoni Allen Marbun adalah Ongku Hasibuan.

“Pengganti antarwaktunya adalah Ongku Hasibuan,” ujar Kepala BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron kepada awak media, Kamis, 15 September 2022.

Menurut Herman Khaeron, SK pemberhentian Jhoni Allen Marbun dari anggota DPR sedang menunggu tanda tangan Ketua DPR RI Puan Maharani. Surat itu, jika sudah rampung, akan dikirim ke KPU.

“SK pemberhentian antarwaktu JAM (Jhoni Allen Marbun) sudah. Sekarang surat pimpinan DPR ke KPU sudah naik dari Sekjen DPR ke pimpinan, menunggu tanda tangan Ibu Ketua,” tuturnya. (msy/det)

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar