Salaki Reynaldo Joshua, Anak Bangsa yang Terjun dalam Riset Teknologi Kesehatan di Korea Selatan

Salaki-Reynaldo-Joshua
Salaki Reynaldo Joshua. (foto: dok. Istimewa)

harianpijar.com, JAKARTA – Salaki Reynaldo Joshua atau yang lebih akrab disapa Reynaldo, seorang ahli IT anak bangsa yang kini berkiprah di kancah internasional akan memulai program doktoral di Korea Selatan.

Reynaldo sedang menempuh pendidikan doktoral di Kangwon National University. Dia mengambil program studi Electronics, Information & Communication Engineering sesuai passion yang dimilikinya.

Reynaldo yang juga merupakan dosen Teknik Informatika di Universitas Sam Ratulangi ini menyukai bidang IT sejak belia. Kecintaannya pada teknologi membawa Reynaldo menjejaki karirnya yang sekarang.

“Dari remaja suka di bidang ini (IT-red) dan mencoba menekuni. Beberapa kali juga terlibat langsung dalam kegiatan start-up digital, menjadi system analyst perusahan swasta dalam dan luar negeri, serta menjadi pembicara pada pertemuan ilmiah tingkat nasional dan internasional,” ujar Reynaldo.

Menariknya, pria 27 tahun ini menjalani jenjang pendidikan S3 dengan beasiswa BEST-KNU.

“Di program S3 ini dipercaya oleh pembimbing saya yakni Prof Je Hoon Lee untuk melakukan Riset Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Penyakit Diabetes Melitus (DM) Tipe-2 Berbasis IoT (Internet of Things),” ungkapnya

Baca juga:   Mengenal Salaki Reynaldo Joshua, Pemuda Asal Manado dengan Segudang Prestasi

Reynaldo mengatakan, saat masuk di bulan September nanti, dirinya akan bergabung dengan tim riset yang terdiri dari mahasiswa Program Master dan Program Doktoral serta beberapa Profesor dan dokter di rumah sakit universitas. Di mana realisasi riset tersebut sudah memasuki tahun kedua dan telah melewati dua kali proses pengujian.

Reynaldo mengaku tertarik dengan riset yang diambil tersebut karena merupakan pengalaman pertamanya menggeluti Riset Informatika di Bidang Kesehatan. Dia merasa tertantang karena harus belajar mendetail bidang kesehatan terutama soal penyakit Diabetes Melitus (DM) Tipe-2.

“Saya sangat senang dan berbangga boleh mendapatkan kesempatan ini, selain mendapatkan beasiswa secara penuh. Saya boleh terlibat dalam sebuah riset yang di sponsori oleh pemerintah dan beberapa perusahaan besar ternama di Korea Selatan. Sebagai Mahasiswa Ph.D asal Indonesia, saya berharap boleh memberikan kontribusi yang positif serta membawa nama baik negara,” kata tamatan Program Master Staffordshire University ini.

Reynaldo pun berharap bisa memberikan kemampuan terbaiknya di sisi pengetahuan maupun pengalaman terhadap riset yang akan dijalankan.

Baca juga:   Mengenal Salaki Reynaldo Joshua, Pemuda Asal Manado dengan Segudang Prestasi

Ke depannya, dia juga ingin agar riset yang dihasilkan dapat bermanfaat dan kembali ke Indonesia untuk melanjutkan tugasnya sebagai abdi negara yang fokus di bidang pendidikan.

“Ibu saya (Tini Mogea) dan Ayah (Johny S. W. Salaki) merupakan menjadi panutan saya untuk bisa memberi dan berkontribusi sebaik mungkin bagi negara sesuai dengan apa yang ditugaskan. Besar harapan juga nantinya melalui kesempatan ini saya ingin nama Indonesia akan lebih diperhitungkan di level Internasional. Bahwa anak daerah asal Minahasa, Sulawesi Utara bisa berkontribusi sampai ke Negeri Ginseng Korea Selatan,” kata Reynaldo.

Adapun beberapa penghargaan yang berhasil diperoleh Reynaldo di antaranya, Best Research Paper di International Conference on Electrical, Electronic and Information Engineering (2017), 2nd Winner Startup Weekend by Google (2019), Guest Lecturer di Asia Pacific University of Technology and Innovation, Malaysia (2019), Best Research Presenter di International Conference on Vocational Innovation and Applied Sciences (ICVIAS) 2021 dan masih banyak lagi. (csk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini