Bersama Disperakim, Tim KKN UNNES Lakukan Sosialisasi Rumah Sehat dan Pembagian Genteng Kaca

UNNES-Kemawi
. (foto: dok. pribadi)

SEMARANG – Tim KKN UNNES GIAT ANGKATAN 1 bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jawa Tengah berhasil melaksanakan sosialisasi rumah sehat sekaligus pembagian genteng kaca.

Sosialisasi ini ditujukan untuk masyarakat Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Semarang yang memiliki rumah tidak layak huni dalam hal ini kekurangan ventilasi dan pencahayaan.

Tim KKN UNNES GIAT 1 Desa Kemawi ini diketuai oleh Umar Aziz Albana dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nurdian Susilowati S.Pd, M.Pd dan anggota tim KKN lainnya.

Baca juga:   Bisnis Ikan Cupang di Tengah Pandemi Hasilkan Keuntungan Fantastis

Pihak Disperakim menyampaikan pada KKN kali ini mahasiswa berperan penting dalam menjadi trigger atau penggerak masyarakat di Desa Kemawi dalam mewujudkan rumah layak huni dan lingkungan permukiman yang sehat, yang nantinya juga akan mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sedangkan untuk masyarakat Desa Kemawi, Disperakim berharap dengan diadakannya sosialisasi ini bisa membuat masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan rumah dan kebersihan lingkungan sekitar mereka.

Genteng kaca merupakan salah satu alat untuk meberikan pencahayaan alami bagi rumah. Pencahayaan alami adalah bagian dari kriteria rumah sehat. Maka diperlukan pemberian pemahaman akan pentingnya pencahayaan alami pada rumah, agar rumah bisa masuk dalam kriteria rumah sehat.

Baca juga:   Mahasiswa UNNES Ajak Warga Manfaatkan Jipang-Salak Melimpah Jadi Manisan dan Dodol

Tim KKN memberikan genteng kaca juga untuk membantu masyarakat Desa Kemawi menciptakan rumah sehat bagi keluarga mereka. Dengan ini diharapkan rumah-rumah masyarakat Desa Kemawi bisa menjadi percontohan rumah sehat bagi desa lain.

Tim KKN UNNES GIAT ANGKATAN 1 Desa Kemawi

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini