DPM FISH UNESA Adakan Pelatihan Advokasi

DPM-FISH-UNESA
. (foto: dok. pribadi)

SURABAYA – Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (DPM FISH UNESA) telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Advokasi secara tatap muka di Gedung i6 Srikandi FISH UNESA, pada Sabtu, 4 Juni 2022 lalu.

Acara yang bertemakan “Membentuk Jiwa Kritis, Responsif Tanpa Apatis” ini mengundang beberapa pemateri, yakni Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya Ramli Himawan, Wakil Ketua Bidang Politik DPD GMNI Jawa Timur Rizky Kurniawan, dan Dosen Hukum Program Studi PPKN UNESA Rahmanu Wijaya. Dengan menghadirkan beberapa pemateri berlatar belakang hukum dan politik, DPM FISH UNESA menawarkan ihwal acara yang tak main-main.

Selain sesi materi, DPM FISH UNESA pun menawarkan sesi coaching advokasi. Dalam pelaksanaannya, panitia mengundang Catur Ambyah Budiono, Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UNESA periode 2020. Sehingga, para peserta mampu menerapkan apa yang telah didapat pada sesi materi dengan dibimbing langsung di dalam sesi coaching.

Baca juga:   Jurusan IPA UNESA Beri Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi MGMP IPA Kabupaten Magetan

“Secara konsep, kami dari panitia membagi inti acara menjadi dua, yang pertama ada sesi materi dari Pak Ramli Himawan dari LBH Surabaya, Mas Rizky Kurniawan dari DPD GMNI Jatim, dan juga Pak Rahmanu Wijaya yang merupakan Dosen Hukum PPKN UNESA. Lalu, sesi yang kedua itu ada coaching, yang dipandu langsung oleh Mas Catur Ambyah Budiono, Ketua MPM UNESA 2020. Di sini, para peserta akan menghadapi praktik advokasi berdasarkan kasus-kasus yang telah dipersiapkan panitia,” jelas Ketua Pelaksana kegiatan Pelatihan Advokasi DPM FISH UNESA 2022, Risalatul Ummami.

Baca juga:   Gelar Bakti Sosial, Mahasiswa UNESA Tekankan Pentingnya Cita-Cita dan Optimisme

Acara ini berjalan dengan lancar dan interaktif. Para peserta antusias dalam bertanya kepada pemateri dan aktif dalam menghadapi kasus pada saat sesi coaching. Diharapkan, setelah acara ini, para peserta dapat menjadi lebih cakap dalam mengadvokasi segala jenis kasus dan persoalan di dalam masyarakat, terutama di lingkungan mahasiswa.

“Syukur alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar. Banyak dari teman-teman peserta yang aktif bertanya, sehingga acara Pelatihan Advokasi ini berjalan dua arah. Dari panitia sendiri berharap, para peserta dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari pelatihan ini. Sehingga ketika menghadapi segala jenis kasus dan persoalan, mereka dapat lebih cakap dalam mengadvokasikannya,” kata Risalatul Ummami.

Humas DPM FISH UNESA 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini