Tim KKN UNNES Adakan Pelatihan Optimalisasi Cloud Storage ke Perangkat Desa Pledokan

KKN-UNNES
. (foto: dok. pribadi)

SEMARANG – Kantor Desa Pledokan pada Senin, 14 Juni 2022, melaksanakan pelatihan dengan tema “Optimalisasi Cloud Storage guna Pengelolaan Data Administrasi”. Pelatihan ini diikuti oleh 10 peserta yang dimana pesertanya sendiri yaitu perangkat desa yang ada di Desa Pledokan, Sumowono, Semarang.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Bapak Alfa Faridh Suni, ST, MT dan dibantu oleh TIM KKN UNNES yang beranggotakan 10 orang yaitu Krisna, Tri septi, Amanda, Eldiana, Ade Murti, Anggun, Windriyati, Gunawan, Dika dan Winda.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada pukul 10.00 pagi dan dihadiri oleh Kepala Desa Pledokan Alimin beserta perangkat desa yang ikut dalam pelatihan. Dalam sambutannya, Alimin mengatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu perangkat desa dan mempermudah dalam pengelolaan data administrasi. Apalagi, dimasa sekarang yang dimana-mana serba online.

Baca juga:   Mahasiswa KKN UNNES Berupaya Bangkitkan Kembali Tempat Wisata Gumuk Reco

Selain itu, dalam hal layanan publik sudah mengarah ke arah digital, sehingga penting bagi perangkat desa untuk meningkatkan pemahaman mengenai dunia teknologi.

“Baru kali ini ada pelatihan yang bisa membantu para perangkat desa dalam pengelolaan data administrasi, semoga ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa berguna untuk seterusnya,” kata Alimin.

Dalam pelatihan, alat yang diperlukan meliputi laptop yang terkoneksi internet. Pelatihan ini dipaparkan langsung oleh dosen pembimbing KKN UNNES dan dibantu oleh TIM KKN UNNES yang di mana sekiranya jika para peserta ada yang mengalami kendala atau belum paham tentang pelatihan yang disampaikan.

Baca juga:   Membentuk Jiwa Kepemimpinan Melalui Kegiatan PKMM-TJ

Tentunya untuk membantu pemahaman, para peserta diberikan sebuah modul yang berbentuk cetak, di mana materinya berisi langkah-langkah dalam membuat Google Docs, membuat grafik serta membuat diagram dengan menggunakan Google Docs.

Kegiatan pelatihan ini didasarkan pada permasalahan terkait proses administrasi yaitu pengelolaan data kependudukan warga Desa Pledokan yang masih menggunakan model manual, sehingga mengalami kesulitan dan menjadi tidak teratur ketika data kependudukan tersebut semakin besar.

Maka dari permasalahan tersebut, dosen pembimbing KKN UNNES mengadakan pelatihan yang sekiranya dapat membantu peradministrasian di Kantor Desa Pledokan.

Eldiana
TIM KKN UNNES GIAT 2022

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar