Agar Tak Salah, Ini Tips Memilih Shampoo untuk Rambut Rusak

Shampoo-untuk-Rambut-Rusak

harianpijar.com, JAKARTA – Memilih shampoo untuk rambut rusak memang perkara yang gampang-gampang susah, pasalnya kamu harus mengetahui produk mana yang tepat agar rambut bisa sehat kembali.

Pada dasarnya, semua shampoo mengandung bahan-bahan yang memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk membersihkan dan melembutkan rambut. Berbagai kandungan lain juga ditambahkan dan disesuaikan dengan jenis rambut serta kulit kepala yang cocok dengan shampoo tersebut.

Pemilihan shampoo yang tidak tepat justru dapat membuat rambut mudah rusak. Oleh karena itu, kamu perlu lebih selektif dalam memilih jenis shampoo yang akan digunakan. Berikut beberapa tips memilih shampoo untuk rambut rusak:

Ketahui jenis rambut dan kulit kepala

Sebelum membeli produk shampoo, kamu harus terlebih dahulu mengetahui jenis rambutmu agar mendapatkan hasil yang maksimal setelah pemakaian.

Meskipun kebanyakan shampoo dapat membersihkan, tidak semua kandungan yang ada pada shampoo cocok dan mendukung apa yang dibutuhkan kulit kepala dan rambutmu. Ada beberapa jenis rambut yang harus kamu ketahui seperti:

– Normal

Jenis rambut ini stabil, tidak kekurangan atau kelebihan minyak (sebum) pada kulit kepala. Selain itu, keadaan rambut tidak terlalu keriting maupun halus.

– Berminyak

Umumnya, sebum menjaga kelembaban rambut agar rambut tidak kering dan rusak. Namun jika berlebihan sebum pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut lepek dan memicu kerontokan.

– Kering

Rambut yang kekurangan sebum sehingga menyebabkan rambut menjadi kurang kelembabannya dan dehidrasi. Akibatnya, rambut bisa mudah patah.

– Halus

Rambut halus biasanya adalah rambut yang mudah untuk diatur. Namun, keadaannya tersebut rambut menjadi terlihat tipis.

– Keriting

Jika rambut halus umumnya mudah diatur, maka rambut keriting adalah sebaliknya. Karena bentuknya yang keriting, rambut ini sulit untuk diatur dan terlihat lebih bervolume.

Sesuaikan dengan gaya rambut

Salah satu cara memilih shampoo untuk rambut rusak adalah dengan cara menyesuaikannya dengan gaya rambutmu. Selain tekstur dan jenis rambut, ternyata gaya rambut juga dapat menentukan cara memilih shampoo yang tepat untuk rambut yang rusak.

Salah satu contohnya adalah jika kamu memiliki gaya rambut bob atau rambut yang lurus, maka kamu akan sangat cocok untuk menggunakan shampoo yang memiliki kandungan volumizing agar selain rambutmu ternutrisi dan recover, rambut juga akan terlihat mengembang dan tidak kuyup.

Sedangkan, jika kamu memiliki jenis rambut keriting dan mengembang, pilihlah shampoo yang khusus untuk kedua masalah tersebut.

Maksimalkan dengan produk yang tepat

Tips selanjutnya dalam memilih shampo untuk rambut rusak adalah kamu harus memilih shampoo dengan produk yang tepat. Dengan produk yang tepat maksudnya adalah shampoo tersebut sesuai dengan tekstur, jenis dan gaya rambutmu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal paling penting untuk dilakukan adalah selalu membiasakan diri membaca kandungan yang tertera pada produk shampoo sebelum membelinya. Dengan demikian, kamu dapat memilih shampoo sesuai kebutuhan rambut dan kulit kepala serta menghindari kandungan yang berbahaya.

Salah satu rekomendasi produk yang bisa digunakan untuk rambut rusak adalah kondisioner dan shampoo Dove. Karena, kondisioner dan shampoo Dove untuk rambut rusak diformulasikan untuk membantu mengembalikan keindahan rambut yang sering terpapar alat styling atau kusam karena terkena sinar matahari.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih shampoo Dove untuk rambut kering dan mengembang supaya rambutmu tampak cantik dan berkilau. Jadi, tak perlu bingung untuk mengembalikan kesehatan rambutmu yang rusak.

Demikian beberapa tips memilih shampoo untuk rambut rusak yang bisa dijadikan referensi dalam memilih shampoo. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu ya!

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA