Kritik Anies Baswedan yang Keliling Eropa, PDIP Bilang Begini

Gembong-Warsono
Gembong Warsono. (foto: VOI/Diah Ayu W)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengkritik Gubernur Anies Baswedan yang menjalani kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara di Eropa. Menurutnya, Anies Baswedan hanya jalan-jalan sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober 2022.

“Mengakhiri masa jabatannya jalan-jalan kan nggak papa to? Iya, kan. Kan kita nggak tahu agendanya, artinya ke Eropa itu agenda pembahasan masalah apa kan kita nggak tahu. Maka kesimpulan saya, di akhir masa jabatan ya jalan-jalan aja gitu, untuk refreshing,” kata Gembong Warsono saat dihubungi, Rabu, 11 Mei 2022, seperti dilansir dari detik.

Gembong Warsono mengatakan Anies Baswedan tidak memiliki agenda khusus saat berkeliling Eropa. Meskipun sebelumnya Anies Baswedan menyebutkan saat berkeliling Eropa akan membahas pembiayaan MRT, dirinya menilai hal itu tidak masuk akal.

“Apa yang mau dibahas? Kan MRT sudah jalan. Mau kerja sama apa lagi tentang MRT, kan gitu loh? Selain itu apa, nggak ada lagi, kan?” ujar Gembong Warsono.

Baca juga:   Gubernur Anies Khawatir Demo Omnibus Law Berpotensi Picu Lonjakan Kasus Corona

“Kalau misalkan ketika bicara MRT, apa yang mau dibahas. Persoalannya apa? Sementara MRT sudah ready, sudah jalan, sudah bisa dinikmati warga Ibu Kota dengan keamanan-kenyamanan terjamin baik. Saya kira itu sudah cukup berprestasilah hadirnya MRT di tengah masyarakat Jakarta,” imbuhnya.

Selain itu, dikatakan Gembong Warsono, agenda Anies Baswedan dengan berkeliling Eropa untuk membahas MRT hanya kedok belaka dan sama sekali tidak ada urgensinya.

“Kedua, agenda berikutnya kita nggak tahu, karena tidak tahu agenda lain kecuali MRT, kan kesimpulannya jalan-jalan aja. MRT itu sebagai agenda seolah-olah ada hal urgen yang harus dibahas antar-negara-negara sahabat yang selama ini membangun kerja sama dengan Jakarta,” tukasnya.

Baca juga:   Anies Baswedan Sebut Pertemuan dengan Surya Paloh Tak Bahas Soal 2024

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menjalani kunjungan kerja (kunker) ke beberapa negara di Eropa, Selasa, 10 Mei 2022. Dalam kunker kali ini, Anies Baswedan disebut akan menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi.

Negara di Eropa yang rencananya akan dikunjungi di antaranya Inggris, Jerman, dan Prancis. Di sana, Anies Baswedan akan membahas pembiayaan transportasi MRT.

“Rencana besok malam memang mau ada agenda ke Eropa, ke beberapa negara, di antaranya London, Jerman, Paris, dalam rangka pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi, termasuk pembiayaan MRT, tapi juga transportasi lainnya,” ujar Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media, Senin, 9 Mei 2022.

“Kedua memenuhi undangan dari komunitas di sana terkait mobilitas dan transportasi. Yang ketiga juga terkait dengan sisters city, smart city, dan sebagainya,” tambahnya. (ilfan/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar