Ini Alasannya Mengapa Jokowi Kunker ke AS Pakai Pesawat Garuda Indonesia

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)

harianpijar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Washington, DC, Amerika Serikat (AS), dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Adapun salah satu alasan penggunaan pesawat tersebut karena jarak tempuh yang sangat jauh.

“Perjalanan sangat jauh jika pakai pesawat presiden bisa 2 kali transit. Pesawat presiden hanya muat 48 orang, tim ada 62 orang. Dan jarak sangat jauh,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada awak media, Selasa, 10 Mei 2022.

Selain itu, dikatakan Heru Budi Hartono, ada tim advance yang akan ikut bersama kembali ke Indonesia. Menurutnya, hal itu lebih efisien.

Baca juga:   Pangkogabwilhan I: TNI Pastikan ZEEI di Natuna Bersih dari Kapal Nelayan China

“Dan semua menteri yang ikut bisa satu pesawat PP. Dan tim advance akan ikut kembali bersama pesawat itu sehingga lebih efisien,” kata Heru Budi Hartono.

Seperti diketahui, Jokowi juga sempat menggunakan pesawat Garuda Indonesia saat kunjungan ke tiga negara, yakni Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab. Alasannya pun sama, mulai dari pertimbangan efisiensi waktu, penghematan anggaran, hingga protokol kesehatan.

“Dengan menggunakan pesawat berbadan lebar ini, perjalanan menuju Roma selama 13 jam ini bisa dilakukan langsung tanpa perlu transit. Bila kita menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ, kita harus transit. Dan ingat, ini adalah kunjungan kerja pertama Bapak Presiden ke luar negeri di masa pandemi, kami harus sangat berhati-hati dalam menjalankan protokol kesehatan, termasuk pertemuan tatap muka di saat transit,” terang Heru Budi Hartono menjelang keberangkatan menuju Roma di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, melalui keterangan tertulis, Jumat, 29 Oktober 2021. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar