Anis Matta Apresiasi Langkah Jokowi Larang Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Anis-Matta
Anis Matta. (foto: detik/Dita)

harianpijar.com, JAKARTA – Ketum Partai Gelora Anis Matta mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor bahan baku minyak goreng (CPO) dan minyak goreng. Menurutnya, pemerintah sudah mengambil langkah yang substansial dalam mengatasi krisis ketersediaan bahan pokok.

Hal itu disampaikan Anis Matta usai dirinya menyebut tak ada ruang bagi pemerintah melakukan gimik dalam mengatasi masalah kelangkaan hingga kenaikan harga minyak goreng.

“Saya ingin mengapresiasi langkah Presiden Jokowi melarang ekspor CPO dan minyak goreng. Langkah ini sangat penting untuk memproteksi pasar dan kepentingan dalam negeri,” ujar Anis Matta dalam keterangannya, Minggu, 24 April 2022, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Anis Matta mengatakan gejolak geopolitik telah membuat harga komoditas dunia naik tinggi. Naluri ekonomi, kata dia, akan membawa barang ke tempat dengan harga dan keuntungan tertinggi.

Baca juga:   Pengamat: Pemilu 2024, PDIP Butuh Tokoh seperti Jokowi

“Di sinilah negara harus hadir untuk mengendalikan agar naluri ekonomi tidak merugikan hajat hidup orang banyak,” ucapnya.

Selanjutnya, Anis Matta mengungkapkan Rusia yang merupakan negara pengekspor kedua minyak dan menguasai sekitar 23% dari pasokan dunia sudah mengambil kebijakan serupa dengan Indonesia, yakni dengan melarang ekspor minyak biji bunga matahari untuk menstabilkan harga di dalam negeri pada akhir Maret lalu.

“Semoga pelarangan ekspor ini menjadi awal dari serangkaian langkah-langkah terukur pemerintah dalam memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Selain itu, Anis Matta juga mengatakan situasi krisis saat ini tidak bisa diurus secara business as usual atau bisnis seperti biasa. Dirinya menilai harus ada terobosan besar dan cara-cara non konvensional untuk menyelamatkan rakyat.

Baca juga:   PA 212 Beri Target Prabowo Pulangkan Habib Rizieq dalam 100 Hari Kerja Jadi Menhan

Anis Matta mengingatkan tantangan terbesar di situasi saat ini adalah mencapai kemandirian pangan di tengah situasi ketahanan pangan yang masih rapuh.

“Berbagai problema harus diselesaikan sampai ke akar-akarnya, agar tidak terkesan sebagai gimik,” kata Anis Matta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melarang ekspor bahan baku minyak goreng dalam rapat bersama menterinya. Larangan yang mulai berlaku pada Kamis, 28 April 2022, itu dimaksudkan agar pasokan minyak goreng dalam negeri melimpah dan harganya bisa turun. (ilfan/cnn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini