Ini 5 Cara Meningkatkan Percaya Diri Paling Ampuh

cara-percaya-diri

harianpijar.com, JAKARTA – Cara percaya diri – percaya diri atau self-confidence adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri. Sehingga dalam melakukan tindakan tidak terlalu sering merasa cemas, merasa bebas melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan tentunya memiliki rasa tanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan yang dilakukannya.

Untuk meningkatkan percaya diri dari seseorang, terdapat banyak hal yang mempengaruhi tingkat percaya diri. Di sisi lain, terdapat banyak cara pula untuk dapat membantu seseorang mengembangkan rasa percaya diri.

Berikut cara meningkatkan percaya diri paling ampuh:

1. Bersyukur terhadap apa yang sudah dimiliki

Bersyukur dengan segala yang telah dimiliki dan dicapai adalah kunci meningkatkan percaya diri yang efektif. Termasuk bersyukur pada penampilan fisik di mana tentunya mensyukuri bahwa kamu telah memiliki lima panca indera yang lengkap tanpa kurang suatu apapun.

Di luar sana mungkin masih banyak orang yang tak seberuntung keberadaanmu saat ini seperti masih memiliki kekurangan fisik, tetapi mereka masih mampu untuk berkarya.

Demikian juga jika kamu memiliki kekurangan fisik tetaplah untuk selalu bersyukur karena pastinya di balik sebuah kekurangan Tuhan selalu menciptakan kelebihan.

2. Lakukan hal baik untuk diri sendiri

Perasaan gelisah dan merasa tidak percaya diri terkadang muncul pada diri sendiri sebagai suatu rasa ketakutan kalau kamu tidak akan berhasil sehingga rasa takut tersebut secara nyata menghalangi kinerjamu. Tentunya kamu dapat mengalahkan perasaan-perasaan gelisah tersebut dengan berusaha untuk melakukan hal baik untuk dirimu sendiri.

Jika kamu merasa takut terjatuh atau gagal, tetap cobalah untuk menentang semua pikiran negatif yang kamu pikirkan. Kamu dapat melakukannya dengan berbicara kepada diri sendiri seperti saat kamu berbicara dengan teman dekatmu sendiri.

Namun, tetap hati-hati dengan rasa takut yang akan membawa pikiran negatif yang masuk ke dalam pikiranmu hingga membuatmu menjadi overthinking, stress, atau malah berujung depresi. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa lebih tenang, nyaman, dan rileks untuk diri sendiri.

3. Awali dengan doa sebelum melakukan sesuatu

Jika kamu merasa grogi dan kurang percaya diri saat hendak melakukan sesuatu, misalnya saat kamu harus berhadapan dengan banyak orang atau saat melakukan presentasi di depan banyak orang, doa adalah cara mudah yang dapat kamu lakukan.

Berdoa adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap apa yang hendak kamu lakukan. Percayalah dengan berdoa, Tuhan akan senang membantu kamu dalam melakukan sesuatu.

4. Lakukan Afirmasi untuk dirimu sendiri

Sering menerima penilaian yang negatif dari orang lain tentunya juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri yang ada dalam diri kita. Bahkan lebih dari itu, penilaian negatif dari orang lain terhadap diri kita juga dapat mempengaruhi perilaku kita karena pada akhirnya kita berperilaku sesuai dengan penilaian dari orang lain hingga membuat kita tidak nyaman dengan diri kita sendiri.

Kamu dapat menghindari penilaian tersebut dengan cara melakukan afirmasi terhadap diri sendiri. Afirmasi merupakan pernyataan positif dan meyakinkan apapun yang kita katakan kepada diri sendiri. Kamu dapat melakukan dengan tegas dan lantang sehingga kamu dapat lebih semangat dan termotivasi.

Kamu dapat menggunakan kalimat-kalimat afirmasi seperti, “Mengapa saya cakap dalam membuat keputusan?” dan hindari kalimat pernyataan seperti, “Saya sangat pandai membuat keputusan.”

Dengan mengatakan kalimat tersebut untuk diri sendiri, secara biologis otak akan merespons dan mencari jawaban atas pertanyaan untuk mengetahui kemampuan yang sebenarnya.

5. Perbaiki penampilan

Cara untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri bisa dengan memperbaiki penampilan. Hal ini terlihat sederhana tetapi tak semua orang kadang paham dan mau membenahi penampilannya atau terkadang memang merasa tidak pede dengan penampilan barunya.

Tetapi cobalah untuk mengubah penampilan mulai dengan memakai baju yang nyaman, tidak harus mahal tetapi cukup rapi, bersih, dan wangi. Mulai dari merapikan rambut dengan pergi ke salon agar mendapatkan perawatan dan model rambut yang cocok.

Jika penampilanmu sudah memenuhi baik, cukup, dan membuatmu nyaman tentunya orang yang bertemu denganmu juga ikut nyaman dan menyenangkan ketika melihatmu lebih enak untuk dilihat dan tentunya secara otomatis kepercayaan diri akan semakin meningkat.

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA