Prihatin Atas Kejadian Imam Masjid di Serang Dikeroyok, Begini Pesan MUI

Amirsyah-Tambunan
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan. (foto: dok istimewa)

harianpijar.com, JAKARTA – Seorang imam masjid di Pontang, Kabupaten Serang, Banten, dikeroyok oleh 3 orang pria lantaran merasa tak terima diingatkan untuk meluruskan barisan dan pakaian saat hendak salat berjamaah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) prihatin dengan kejadian tersebut.

“MUI sangat prihatin atas peristiwa ini karena momentum Ramadhan seolah tak mampu menciptakan suasana yang ramah, penuh rasa silaturahmi di tempat ibadah seperti masjid. Tapi apa hendak dikata, ibarat nasi sudah jadi bubur, maka peristiwa ini harus jadi pembenaran berharga bagus semua pihak,” kata Sekjen MUI Amirsyah Tambunan saat dihubungi, Sabtu, 16 April 2022.

Amirsyah Tambunan pun memberi pesan kepada imam masjid yang dikeroyok itu. Dirinya meminta agar imam masjid bisa menegur secara santun, sehingga orang yang ditegur bisa menerima dengan baik.

Baca juga:   Beri Klarifikasi, MUI: Tak Sepadan Menyamakan Kunjungan Jokowi dengan Kasus Habib Rizieq

“Di satu sisi masjid harus mampu mewujudkan keindahan dan kebersihan dalam beribadah, di sisi lain pengurus masjid hingga imam mampu mewujudkan rasa kasih sayang dengan tegur sapa yang santun. Sehingga di antara jemaah yang diingatkan dapat menerima dengan baik,” ucapnya.

Selanjutnya, Amirsyah Tambunan berharap kejadian pengeroyokan ini tidak terulang lagi. Dirinya berharap semua pihak dapat menjaga ketertiban dan kesejukan di masjid.

“Berharap peristiwa ini ada hikmahnya. Sekaligus berharap kasus imam dikeroyok oleh 3 orang pria tidak terulang,” ujar Amirsyah Tambunan.

“Untuk mewujudkan suasana masjid yang bersih, sejuk, indah butuh kerja sama dan tanggung jawab semua pihak. Terlebih jemaah yang hadir di masjid diharapkan mampu menciptakan suasana beribadah yang khusu’ dan tawadhu’ sehingga dapat menjadi contoh untuk mewujudkan Islam rahmatan lil alamin,” tambahnya.

Baca juga:   Hari Ini Kapolri Dan Ketua MUI Hadiri Dialog Kebangsaan Bersama Ulama se-Banten

Sebelumnya, imam masjid di Serang, Banten dikeroyok oleh 3 orang pria. Para pelaku tidak terima diingatkan korban untuk meluruskan barisan dan pakaian saat hendak salat berjamaah.

Polisi kemudian menyelidiki kasus tersebut. Tiga pelaku pengeroyokan yakni MM (45), RY (58), dan SP (49), yang merupakan saudara kandung ditangkap di rumahnya di Desa Singarajan, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang.

“Awal mula kejadian pada Jumat (25 Maret 2022) saat salah satu pelaku MM sedang melaksanakan Salat Ashar dan yang menjadi imamnya adalah korban. Kemudian korban menegur MM agar meluruskan barisan dan pakaian salat, namun MM tidak terima dan menceritakan kejadian tersebut kepada RY dan SP,” ujar Kapolres Serang AKBP Yudha Satria di Serang seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 16 April 2022. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar