Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UMM Pasang Plang Kebersihan-Edukasi di Wisata Bukit Moncek

Mahasiswa-UMM

LOMBOK BARAT – Salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ialah pengembangan pada wisata alam Perahu Emas Bukit Moncek yang terletak di Desa Senteluk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Pengembangan dilakukan dengan pemasangan plang kebersihan, plang edukasi yang berisi kata-kata berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia, serta plang kata-kata menarik yang dibuat sekreatif mungkin di dalam kawasan wisata alam Perahu Emas Bukit Moncek. Hal tersebut diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru bagi pengunjung dan penikmat wisata dan mampu dijadikan sebagai spot foto.

Pembuatan plang kebersihan, edukasi, dan kata-kata menarik merupakan inisiatif dari kelompok PMM 21 karena menurut kami selain adanya hiasan yang berperan untuk memperindah tempat wisata perlu juga adanya hiasan-hiasan yang dapat memberikan edukasi kepada para pengunjung wisata, sehingga selain menikmati keindahan wisata yang ada, pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan terkait bahasa asing yang dapat diterapkan di area tempat wisata. Pasalnya, sudah ada pengunjung yang berasal dari luar negeri yang mengunjungi tempat wisata tersebut.

Baca juga:   Kelompok 54 PMM UMM Perkenalkan Kegiatan Perawat Lansia (Caregiver) di Jepang

Selain plang edukasi dan kata-kata menarik, kelompok PMM 21 juga membuat plang kebersihan untuk memberikan kesadaran bagi para pengunjung terkait akan pentingnya menjaga kebersihan yang menjadi penentu kenyamanan bagi pengunjung wisata.

Perahu Emas Bukit Moncek sendiri merupakan wisata alam perbukitan yang dapat memanjakan mata dengan pemandangan kota, dan pedesaan yang dapat dilihat dari ketinggian sekitar 1000 kaki, sehingga sebagian dari pulau Lombok dapat terlihat dari atas bukit moncek.

Baca juga:   Kelompok 54 PMM UMM Perkenalkan Kegiatan Perawat Lansia (Caregiver) di Jepang

Di wisata Bukit Moncek terdapat sebuah ikon Perahu Emas yang dimanfaatkan sebagai tempat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat indah. Di sini juga terdapat 5 gazebo yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan beristirahat bagi para pengunjung wisata.

Selain itu, wisata alam Perahu Emas Bukit Moncek juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, dan juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

Rihul Jannah Hajizah
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar