Laporkan Progres Pembangunan, Jakpro Sebut Sirkuit Formula E Sudah Diaspal

pembangunan-sirkuit-Formula-E
Pembangunan sirkuit Formula E. (foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

harianpijar.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto melaporkan progres pembangunan sirkuit Formula E. Dirinya mengungkapkan saat ini pembangunan sirkuit Formula E mulai tahap pengaspalan.

“Kalau diaspal sih sudah,” ujar Widi Amanasto saat dikonfirmasi, Jumat, 4 Maret 2022.

Meski demikian, Widi Amanasto tak memerinci berapa panjang lintasan yang selesai diaspal. Namun, dirinya berjanji bakal melaporkan progres pembangunan sirkuit secara berkala.

“Kita janji secara periodik nanti kita akan update terus,” ucapnya.

Sebelumnya, kontraktor pembangunan sirkuit Formula E, PT Jaya Konstruksi, mengatakan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, menggunakan bambu. Bambu dijadikan kerangka pada sirkuit.

Baca juga:   Gelaran Formula E Ditunda hingga 2022, Wagub Riza: Commitment Fee Masih Aman

Ari Wibowo selaku penanggung jawab proyek sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi, mengatakan di zona 5 sirkuit Formula E memerlukan konstruksi yang ringan. Dirinya beralasan tidak menggunakan besi karena mahal dan berat.

“Jadi begini, ini ada banyak hal, selain besi itu mahal, untuk supaya konstruksi ini tidak turun, kita harus memakai konstruksi yang ringan. Kalau besi itu berat, yang ringan itu kita pakai bambu,” ujar Ari Wibowo kepada detik, Sabtu, 26 Februari 2022.

Saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan sirkuit Formula E pada Rabu, 23 Februari 2022, Ari Wibowo menuturkan bahwa penggunaan bambu sebagai lapisan sirkuit ini menjadi pilihan alternatif.

Baca juga:   PDIP DKI Usul Anggaran Formula E-Pembangunan JIS Dialihkan untuk Penanganan Covid-19

Pembangunan sirkuit Formula E memiliki masa pelaksanaan 54 hari, dari 3 Februari sampai 28 Maret 2022. karena itu, Ari Wibowo menyebut penggunaan bambu dinilai lebih efisien waktu.

Di sisi lain, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga sempat menanggapi soal kerangka sirkuit Formula E menggunakan bambu. Jakpro mengatakan penggunaan bambu bukan hal baru dalam konstruksi.

“Bukan hal yang baru di dunia konstruksi,” kata Corporate Communication Jakpro Melisa Sjach saat dihubungi, Sabtu, 26 Februari 2022.

Menurut Melisa Sjach, bambu sebagai kerangka konstruksi telah umum digunakan. Dirinya mengatakan beberapa kebutuhan pembangunan lain juga kerap menggunakan bambu. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar