Kelompok 54 PMM UMM Perkenalkan Kegiatan Perawat Lansia (Caregiver) di Jepang

Kelompok 54 PMM UMM memperkenalkan tentang kegiatan perawat lansia di Jepang. (foto: dok. pribadi)

LOMBOK BARAT – Kelompok 54 PMM UMM dengan koordinator Annisa’ Gina Islami memperkenalkan tentang kegiatan perawat lansia di Jepang kepada siswa-siswi SMK Internasional Harapan Sejahtera. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para siswa memiliki pengetahuan dasar tentang kegiatan yang dilakukan oleh perawat lansia selama bekerja di Jepang.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) adalah program yang ditawarkan Universitas Muhammadiyah Malang kepada mahasiswa dengan tujuan memberikan manfaat bagi masyarakat. Kegiatan PMM kelompok 54 berada di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang Drs. Amir Syarifuddin, MP.

SMK Internasional Harapan Sejahtera memiliki program khusus untuk mengirim lulusan mereka menjadi tenaga magang perawat lansia di Jepang. Oleh karena itu, selain mempelajari mengenai ilmu keperawatan, perlu juga adanya pengetahuan dasar mengenai bagaimana kegiatan perawat-perawat lansia di Jepang. Hal ini tidak secara khusus diberikan oleh pihak sekolah sehingga perlu inisiatif mandiri dari para siswa.

Baca juga:   Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UMM Pasang Plang Kebersihan-Edukasi di Wisata Bukit Moncek

Kelompok 54 PMM UMM menawarkan program kerja Living in Japan yang salah satu kegiatannya adalah memaparkan tentang kegiatan perawat lansia di Jepang. Pemaparan ini didukung oleh video dokumentasi yang berisi wawancara perawat lansia asal Indonesia yang bekerja di Jepang.

Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube JGEC Channel dengan judul “Pekerjaan Kaigo (Caregiver) itu seperti apa, sih?”. Melalui pemaparan ini, para siswa mengetahui pengalaman dan kehidupan perawat lansia asal Indonesia yang bekerja di Jepang.

Selain itu, untuk mengetahui fasilitas klinik lansia dan kegiatan yang dilakukan para lansia di Jepang, para siswa menonton video yang berjudul “What a Japanese Nursing Home is Like” yang diunggah oleh kanal YouTube Life Where I’m From. Selama penayangan video, kelompok 54 PMM UMM juga memberikan penjelasan tambahan untuk membantu para siswa memahami isi video. Siswa juga diizinkan bertanya secara langsung ketika ada hal yang tidak mereka pahami ketika menonton.

Baca juga:   Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UMM Pasang Plang Kebersihan-Edukasi di Wisata Bukit Moncek

Kegiatan ini membantu siswa dan siswi untuk menambah wawasan serta menampik stigma buruk tentang bekerja sebagai perawat lansia di Jepang. Ariana salah satu siswi SMK Internasional Harapan Sejahtera membagikan kegelisahannya tentang bekerja sebagai perawat lansia. Ariana membayangkan bahwa bekerja sebagai perawat lansia adalah pekerjaan yang sulit dan berat. Ia juga merasa khawatir akan budaya bekerja yang ada di Jepang.

Namun melalui pemaparan dan menonton video, membantu Ariana menjadi lebih tenang dan semakin tertarik untuk bekerja sebagai perawat lansia di Jepang. Aril salah satu siswa menambahkan bahwa kegiatan ini membantunya dalam menambah wawasan dan lebih memahami tentang pekerjaan perawat lansia di Jepang.

Annisa’ Gina Islami
Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar