Demokrat: Presiden Harus Segera Hentikan Wacana Penundaan Pemilu

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Antara/Hafidz Mubarak)

harianpijar.com, JAKARTA – Wakil Sekjen Partai Demokrat Jovan Latuconsina menyebut wacana penundaan Pemilu 2024 sebagai ide gila. Untuk itu, dirinya menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera menghentikan wacana tersebut.

“Kalau Presiden diganggu terus dengan ide-ide gila ini, kasihan beliau. Presiden harus segera bersuara dan menghentikan wacana tunda Pemilu ini,” kata Jovan Latuconsina dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 Maret 2022.

Jovan Latuconsina meyakini wacana penundaan pemilu bukanlah ide Jokowi. Justru, menurutnya, ini dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin mencari perhatian pada Jokowi.

“Tunda pemilu sama dengan perpanjangan jabatan Presiden. Kata presiden, ini sama dengan menampar muka beliau. Memalukan orang-orang yang ingin memalukan nama Presiden ini,” ucapnya.

Baca juga:   Johnny: NasDem Yakin Jokowi Utamakan Soliditas dalam Bentuk Kabinet

Karena itu, dikatakan Jovan Latuconsina, penting untuk Jokowi segera menegaskan kembali posisinya dan angkat suara terkait wacana ini.

“Kalau Presiden diam, nanti orang pikir anggap benar. Sekali lagi kasihan nama Presiden dirusak oleh orang-orang bermental Orde Baru,” sebutnya.

Selain itu, Jovan Latuconsina menegaskan Partai Demokrat akan berpegang pada konstitusi terkait pelaksanaan Pemilu 2024. Menurutnya, meski tak mudah, namun pemilu adalah hak masyarakat yang mesti dilaksanakan.

“Kita tahu memang tidak mudah. Tetapi hak konstitusi rakyat jangan dipotong. Kami terus berikhtiar untuk selalu tunduk pada konstitusi,” ujar Jovan Latuconsina.

Baca juga:   JK Pertanyakan Bagaimana Cara Kritik Pemerintah Tanpa Dipanggil Polisi

Sebelumnya, wacana penundaan Pemilu 2024 kembali berembus beberapa hari belakangan. Usulan datang dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan didukung Ketum PAN Zulkifli Hasan. Cak Imin mengusulkan penundaan Pemilu 2024 dengan alasan pandemi Covid-19.

Namun, usulan itu tak mendapat dukungan mayoritas partai di DPR. Hanya PKB, PAN, dan Partai Golkar yang mendukung penundaan Pemilu 2024. Sementara PKS, Partai Demokrat, Partai NasDem, PDIP, dan Partai Gerindra tegas menolak. (ilfan/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar