Penjelasan Polri Soal Pemilihan Warna Krem untuk Seragam Baru Satpam

Seragam-Baru-Satpam
Seragam baru satpam. (foto: detik/Andhika Prasetia)

harianpijar.com, JAKARTA – Seragam baru satpam berwarna krem resmi dikenalkan ke publik dalam acara HUT Satpam ke-41 kemarin. Polri pun menjelaskan alasan pemilihan warna krem tersebut.

“Pemilihan warna krem untuk menyerasikan dengan warna baju dan perlengkapan lainnya (celana, field cap, pet, sepatu, kopel dan tali kur),” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 3 Februari 2022.

“Proses penentuan warna telah dilakukan pertemuan-pertemuan antara Abujapi (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia) dan Korbinmas Polri, sehingga terpilih warna krem yang seperti saat ini,” tambahnya.

Menurut Ahmad Ramadhan, perubahan yang hanya pada warna kemeja itu sudah berdasar atas pertimbangan ekonomi. Dirinya menyebut tidak ingin membebani satpam sehingga celana lama tetap bisa digunakan.

“Penggantian hanya warna kemeja seragam satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. Dan warna celana tetap cokelat tua adalah pertimbangan ekonomi sehingga tidak terlalu membebani bagi satpam, BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) atau pengguna jasa satpam. Celana yang lama dapat digunakan lagi dalam menjalankan profesinya,” jelasnya.

Baca juga:   KPK Sarankan Polri Periksa Novel Baswedan Sebelum Operasi

Selanjutnya, dikatakan Ahmad Ramadhan, pergantian itu juga untuk mengurangi kemiripan dengan polisi yang memiliki fungsi yang sama. Dirinya mengungkapkan warna krem seragam satpam masih serumpun dengan warna seragam Polri.

“Selain itu juga untuk mengantisipasi apabila dalam praktiknya nanti terjadi distorsi warna tidak menjadi mirip dengan institusi yang memiliki tugas dan fungsi yang sama,” kata Ahmad Ramadhan.

“Warna krem adalah warna turunan dari warna cokelat dengan gradasi lebih terang sehingga masih dalam kategori rumpun warna seragam Polri,” imbuhnya.

Ahmad Ramadhan juga mengatakan warna krem seragam satpam untuk menjaga moril satpam. Menurutnya, perbedaan warna seragam antara polisi dan satpam adalah untuk memberi rasa bangga bagi profesi satpam.

“Selain itu juga untuk menjaga moril dan psikologis satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas agar tercipta hubungan kerjasama yang harmonis antara pembina dan yang dibina,” ujar Ahmad Ramadhan.

Baca juga:   Argo Yuwono: Polri Kaji Surat Permohonan Penyelenggaraan Reuni PA 212

“Pembedaan identitas ini sangat penting untuk memberikan kebanggaan bagi profesi satpam itu sendiri,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan HUT ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam) di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Rabu, 2 Februari 2022. Dalam kesempatan itu, Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan satpam merupakan profesi yang mulia.

Listyo Sigit Prabowo menjelaskan soal pentingnya profesi satpam. Dirinya mengatakan satpam merupakan bagian dari mitra Polri yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Bahwa satpam merupakan profesi yang mulia dan menjadi bagian dari mitra Polri yang memiliki kewenangan melaksanakan tugas-tugas kepolisian terbatas sebagai bagian dari kegiatan pam swakarsa yang telah dibina. Dan tentunya ini sangat penting dalam ikut membantu tugas-tugas kepolisian,” kata Listyo Sigit Prabowo. (ilfan/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar