KPK Periksa Dino Patti Djalal Soal Formula E, Wagub Riza: Apa Korelasinya?

Ahmad-Riza-Patria
Ahmad Riza Patria. (foto: detik/Ilman)

harianpijar.com, JAKARTA – Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal diperiksa oleh KPK terkait Formula E. Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku tidak mengetahui soal pemeriksaan tersebut.

“Saya baru dengar, apa korelasinya Dino Pati Djalal. Saya nggak tahu,” ujar Ahmad Riza Patria kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.

Ahmad Riza Patria mempersilakan untuk mempertanyakan terkait informasi pemeriksaan tersebut ke KPK. Dirinya mengaku belum tahu info tersebut.

“Silakan nanti ditanya. Saya belum tahu sama sekali,” ucapnya.

Sebelumnya, Dino Patti Djalal telah dimintai keterangan oleh KPK terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E. Mantan Wakil Menlu itu dimintai keterangan soal proses dia memperkenalkan pihak Formula E ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saya itu adalah pihak yang pertama kali diminta Formula E untuk memperkenalkan kepada Gubernur, kepada Pemda DKI gitu,” ujar Dino Patti Djalal kepada detik, Rabu, 19 Januari 2022.

Dino Patti Djalal juga ditanya penyidik soal permintaan Diaspora Indonesia yang menjembatani Formula E dengan Anies Baswedan. Pertemuan itu disebut terjadi pada 10 Mei 2019.

Baca juga:   Menang Praperadilan, Setya Novanto Masih Dilarang Berpergian ke Luar Negeri

“Jadi peran saya itu di sana, yang pertama kali memperkenalkan Formula E itu adalah saya. Dan ini juga ceritanya waktu itu ada Diaspora Indonesia yang bekerja dengan Formula E dan datang ke saya dan dia bilang ‘Mungkin nggak Indonesia itu jadi bagian dari racing Formula E secara global’,” kata Dino Patti Djalal.

“Nah, mungkin Jakarta tertarik, jadi atas dasar itu, kebetulan saya kenal dengan Gubernur Pak Anies, jadi saya perkenalkan mereka di kantor Gubernur pada tanggal 10 Mei 2019,” imbuhnya.

Kemudian, Dino Patti Djalal juga menceritakan saat menemani Anies Baswedan melihat penataan Formula E di New York. Dirinya menegaskan hanya memperkenalkan pihak Formula E dengan Anies Baswedan.

“Dan saya senang karena ini ada unsur kontribusi Diaspora juga bagi Jakarta gitu. Jadi sejak itu bola menggelinding, bulan Juli saya ke New York untuk, kan Pak Gubernur mau melihat menyaksikan set up Formula E di new York, di Brooklyn. Saya juga ada di sana, dan di sana Pak Gubernur bertemu dengan owner dari Formula E,” ujar Dino Patti Djalal.

Baca juga:   Hasil Survei Capres IndexPolitica: Prabowo Teratas, Anies Kedua

“Jadi intinya itu saja, setelah itu saya lepas tangan, antara mereka udah saling kenal dan sudah berhubungan,” sambungnya.

Selain itu, Dino Patti Djalal mengaku memiliki jaringan langsung dengan pihak Formula E. Dino Patti Djalal diperiksa kurang-lebih 3 jam pada Selasa, 18 Januari 2022.

“Ya karena mereka nggak punya channel gitu kan, mereka nanya saya bisa nggak membantu memperkenalkan dengan Pak Anies dan Pak Anies tentu tertarik karena beliau bilang beliau mau mendengarkan seperti apa itu presentasinya dari Formula E,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri sebelumnya membenarkan pemeriksaan Dino Patti Djalal. Menurutnya, KPK perlu meminta keterangan Dino Patti Djalal guna proses penyelidikan Formula E.

“Benar. Permintaan keterangan dan klarifikasi kegiatan penyelidikan oleh KPK,” ujar Ali Fikri kepada awak media, Rabu, 19 Januari 2022.

Meski demikian, dikatakan Ali Fikri, KPK belum bisa membeberkan materi yang digali kepada Dino Patti Djalal. Sebab, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

“Karena saat ini masih penyelidikan tentu kami tidak bisa sampaikan materinya,” sebutnya. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar