Warna Cokelat Muda Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Berubah Jadi Krem

Seragam-Satpam
Ilustrasi seragam satpam. (foto: TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

harianpijar.com, JAKARTA – Polri tengah mengkaji perubahan warna untuk seragam satpam. Seragam satpam yang saat ini berwarna cokelat muda disebut akan berubah menjadi warna krem.

“Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu, 12 Januari 2022.

Ahmad Ramadhan mengungkapkan seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri yang berwarna cokelat. Kemiripan itu, kata dia, kerap membuat masyarakat bingung.

Baca juga:   Terkait 6 Terduga Teroris Tewas, Wiranto: Tidak Ada Pelanggaran, Polisi Bertindak Benar

“Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam,” tuturnya.

Selain itu, Ahmad Ramadhan mengatakan satpam sendiri merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, lanjutnya, satpam harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

“Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya,” terangnya.

Baca juga:   Polisi Tangkap 'Profesor Tamim Pardede' Penghina Pemerintah

Menurut Ahmad Ramadhan, warna seragam satpam yang baru akan diperkenalkan pada HUT Satpam nanti. Seragam tersebut akan diberlakukan setelah disahkan penggunaannya.

“Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian, dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” ujar Ahmad Ramadhan. (msy/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini