Hasil Survei Indikator Politik: Prabowo Capres Terkuat, Disusul Ganjar dan Anies

Prabowo-Subianto
Prabowo Subianto. (foto: Antara Foto)

harianpijar.com, JAKARTA – Menhan Prabowo Subianto masih menjadi sosok calon presiden (capres) 2024 terkuat sejauh ini menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Sedangkan dua nama lain yang menyusul, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei itu digelar pada 6-11 Desember 2021. Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Penarikan sampel survei menggunakan metode multistage random sampling. Total sampel 2020 responden, dengan sampel basis sebanyak 1.220 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi, serta dilakukan penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

Adapun margin of error survei tersebut +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Baca juga:   Surya Paloh Yakin Kasus Johnny G Plate Bakal Berpengaruh ke Elektabilitas NasDem dan Anies

Responden awalnya disodorkan 33 nama tokoh yang dianggap berpotensi menjadi capres. Responden ditanya, jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini’.

Hasilnya, Prabowo Subianto menempati urutan teratas dengan 24,1 persen. Ganjar Pranowo menyusul di tempat kedua dengan 20,8 persen, dan di posisi ketiga ada Anies Baswedan dengan 15,1 persen.

“Pak Prabowo masih di peringkat pertama, kemudian Pak Ganjar Pranowo, kemudian Pak Anies. Tiga nama ini yang mencapai dua digit ke atas, yang lain masih satu digit,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk ‘Pemulihan Ekonomi Pasca-COVID, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024’, Minggu, 9 Januari 2022.

Baca juga:   SBY: Akan Sangat Baik dan Mulia Jika Jokowi-Prabowo Bertemu

Kemudian, survei kembali dilakukan dengan mengurangi jumlah nama calon, dari 33 menjadi 19 nama. Namun hasilnya tetap tidak berubah, Prabowo Subianto masih di urutan pertama, disusul secara berurut oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Adapun hasil survei 19 nama capres Indikator Politik Indonesia adalah sebagai berikut:

– Prabowo Subianto 24,1 persen
– Ganjar Pranowo 20,8 persen
– Anies Baswedan 15,1 persen
– Agus Harimurti Yudhoyono 6,8 persen
– Ridwan Kamil 5,5 persen
– Sandiaga Uno 3,9 persen
– Tri Rismahawini 3,2 persen
– Khofifah Indar Parawansa 1,9 persen
– Puan Maharani 1,8 persen
– Erick Thohir 1,0 persen
– Sri Mulyani 1,0 persen
– Airlangga Hartarto 0,9 persen
– Mahfud MD 0,9 persen

. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini