Workshop Pembuatan Video Konten Promosi Brand di Media Sosial oleh Mahasiswa UMB

Workshop-UMB
. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) telah menggelar workshop yang dilaksanakan secara tatap muka di SMK YMIK Jakarta.

Dengan mengusung tema “Pembuatan Video Konten Promosi Brand Di Media Sosial Menggunakan Aplikasi Smartphone”, kegiatan tersebut dalam rangka menyelesaikan program dan mata perkuliahan Kuliah Peduli Negeri yang dilaksanakan belum lama ini.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber dan dimoderatori oleh Raden Deril Alamsyah yang merupakan Mahasiswa Bidang Studi Periklanan dan Komunikasi Pemasaran di UMB.

Narasumber pertama, Zeintar Dendah Karza Maghribie (Mahasiswa Periklanan dan Komunikasi Pemasaran), memaparkan materi dengan judul “Konten Video Promosi Brand di Media Sosial”. Sedangkan narasumber kedua, Erian Sandri Maulana (Mahasiswa Broadcasting), memberikan penjelasan tentang “Belajar Editing untuk Promosi Branding”.

Acara dibuka secara langsung oleh Rojali S.Pd, selaku perwakilan dari SMK YMIK Jakarta. Dalam sambutannya, Rojali menyatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat dan diperlukan karena mengangkat tema mengenai hardskill dan softskill yang harus dimiliki oleh para siswa jurusan Pemasaran dan diharapkan dapat memberi informasi yang bisa mengarahkan para siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.

Baca juga:   Setelah Fancafe, RAINZ Rilis Akun Media Sosial Resmi

Pemaparan pertama oleh Zeintar diawali dengan penjelasan mengenai brand marketing dan bagaimana peran penting brand marketing terhadap sebuah bisnis atau perusahaan. Zeintar memberikan pertanyaan kepada para siswa mengapa seorang Marketing yang secara garis besar adalah pembuat rencana (konsep), perlu mempelajari dan paham teknis produksi video iklan.

Media-media yang digunakan oleh para pemasar yang merupakan media cetak, elektronik, dan online/sosial adalah komponen penting dalam melakukan promosi. Media sosial menjadi salah satu lini terdepan dalam mengiklankan sebuah brand ataupun produk dari brand.

Pemasaran di media sosial dibutuhkan oleh bisnis atau brand karena memiliki alasan-alasan yang jelas, sebagai contoh pengguna media sosial sangat banyak sehingga dalam pandangan seorang pemasar artinya pengguna ini adalah calon konsumen yang sangat banyak atau dapat disebut target pasar.

Sehingga dibutuhkan konten untuk mencapai target pasar tersebut, salah satu konten yang dapat menarik atensi target audiens adalah video promosi/marketing. Video yang dibuat untuk mempromosikan produk/jasa dari brand tentunya harus memenuhi elemen-elemen yang diperlukan (visual, teks, isi, tujuan, cerita, pesan, pembukaan, dan audio), melewati tahapan yang terstruktur dan harus memiliki referensi yang cukup untuk membantu proses pengerjaan.

Baca juga:   Media Sosial Dinilai Berupaya Mendelegitimasi Pemerintahan Jokowi

Selanjutnya, pemaparan kedua disampaikan oleh Erian, dia menjelaskan tentang teknis editing video untuk promosi branding. Diawali dengan aplikasi-aplikasi digawai pintar yang bisa digunakan untuk membuat dan mengolah video promosi.

Aplikasi yang menjadi fokus pemaparannya adalah VN (VlogNow) Video Editor, yang merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu ini.

Erian juga menjelaskan tentang video iklan serta memberikan pemaparan mengenai tujuan dan manfaat video iklan untuk brand. Dia juga menjelaskan mengenai dasar-dasar pengeditan video dan tahapan-tahapan dalam memproduksi video (pra produksi – produksi – pasca produksi).

Dalam pembuatan marketing diperlukan langkah-langkah yang harus dipenuhi seperti membuat storyboard, alat rekaman, produk yang ingin diklankan, dan model yang akan membuat nilai tambah dalam proses mengiklankan produk dari brand.

Penjelasan berikutnya mengenai komponen-komponen dan tools yang harus digunakan untuk memulai produksi video serta beberapa poin penting dalam merancang video marketing.

Raden Deril Alamsyah
Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar