UHAMKA Gelar Webinar Berjudul “Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi”

UHAMKA
. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Webinar menjadi sarana berkumpul secara online yang memudahkan semua kalangan untuk berbagi informasi, salah satunya melalui program pengabdian masyarakat. Bagi dosen Muhammadiyah, program pengabdian masyarakat merupkan salah satu pilar dasa darma dosen yang wajib dilakukan.

Webinar dengan judul “Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi” adalah bentuk pengabdian masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA).

Webinar ini mendapat dukungan dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UHAMKA. Acara tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari guru dan orang tua siswa TK Binaan 3 Cipayung Jakarta Timur.

Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd, salah satu dosen Linguistik Terapan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang baru meluncurkan buku terbarunya yang berjudul “Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini”, diundang menjadi narasumber dalam acara webinar.

Baca juga:   Teriak Bunuh Ahok, KPAI: Minta Polisi Usut Orang Dewasa Dibalik Aksi Anak

Webinar dibuka oleh pemandu acara, Sri Kusuma Ningsih, M.Pd., salah satu dosen UHAMKA. Ketua pelaksana pengabdian masyarakat, Anita Dewi Ekawati, S.S., M.Pd., memberikan sambutan untuk narasumber dan peserta.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai tahapan bahasa anak usia dini serta hambatannya oleh Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. Selain powerpoint, beliau juga memberikan contoh berupa video dari anak yang beliau teliti perkembangan bahasanya. Selain dosen, pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh mahasiswa dalam pelaksanaan teknisnya.

UHAMKA
. (foto: dok. pribadi)

Peserta yang mengikuti acara webinar menyimak dengan penuh antusias. Salah satu orang tua siswa memberikan tanggapannya terhadap acara pengabdian masyarakat ini, “semoga pengabdian masyarakat selanjutnya dapat dilaksanakan dengan tatap muka. Kami perlu menggali informasi untuk mengajar anak di rumah”.

Baca juga:   Bupati Simalungun Wujudkan Sekolah Ramah dan Peduli Anak

Selain itu, tanggapan lain juga datang dari salah satu guru yang berkata, “pengabdian masyarakat untuk mengenal psikologis anak dalam belajar seperti ini sangat memotivasi kami dalam mengajar”.

Pada sesi tanya jawab, berbagai macam pertanyaan diajukan seperti bagaimana melatih bahasa anak selama pandemi dan melatih anak berkebutuhan khusus dalam menguasai kosa kata.

Semoga pengabdian masyarakat selanjutnya dapat dilaksanakan dengan tatap muka terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

Anita Dewi Ekawati, S.S., M.Pd.
Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar