Internalisasi Karakter Bangsa Melalui Diklat Bela Negara Dosen UPN Veteran

Diklat-Bela-Negara-Dosen-UPN-Veteran
. (foto: dok. panitia)

JAWA TIMUR – Bertepatan dengan Hari Bela Negara yang jatuh pada Minggu, 19 Desember 2021, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur berkolaborasi melaksanakan diklat bela negara bagi dosen dan tenaga pendidik di lingkungan tiga UPN.

Diklat tersebut berlangsung selama enam hari, 19-24 Desember 2021, di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, yang juga melibatkan segenap TNI Angkatan Udara sebagai fasilitator. Sekitar 133 peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga pendidik di UPN Veteran Jakarta, Yogyakarta dan Jawa Timur berhasil mengikuti diklat tersebut.

Diklat yang dilaksanakan di Yogyakarta ini merupakan yang ketiga kalinya di tahun ini, setelah sebelumnya dilaksanakan di Bhumi Marinir Gunungsari Surabaya dan Pusdiklat Bela Negara Rumpin Bogor.

Diklat bela negara ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh sivitas akademi baru di lingkungan UPN Veteran. Selain untuk memperkuat kerjasama dan persaudaraan tiga UPN, kegiatan bela negara ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen universitas sebagai kampus bela negara dibawah binaan Kementerian Pertahanan.

Disampaikan oleh Rektor UPN Yogyakarta, Mohammad Irhas Effendi dalam pembukaan diklat tersebut, UPN Veteran berkewajiban menginternalisasi nilai-nilai bela negara dan karakter bangsa kepada seluruh sivitasnya, salah satunya melalui kegiatan diklat bela negara ini.

Selama 6 hari, para peserta diklat digembleng secara mental dan fisik oleh TNI untuk mewujudkan karakter bangsa yang tangguh dan bertanggungjawab. Para peserta juga diberikan materi seputar wawasan kebangsaan, kedisiplinan, kepemimpinan, character building, sampai praktek baris berbaris, mountenering/turun tebing, dan psikologi lapangan. Selain itu, peserta juga dididik menjadi pribadi yang berkarakter, disiplin dan memiliki mental yang kuat melalui pendidikan semi militer.

Kegiatan diklat bela negara ini diakhiri dengan pembekalan oleh Sekjen Kemeterian Pertahanan, Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, yang berkenan hadir sekaligus menutup rangkaian kegiatan diklat.

Dalam kesempatannya, Donny Ermawan Taufanto berpesan kepada segenap sivitas akademi di lingkungan UPN Veteran agar senantiasa menginternalisasi nilai-nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari, utamanya kegiatan belajar mengajar di UPN.

Dirinya berharap agar bela negara dan rasa cinta Tanah Air ini tidak pudar dan dapat diteruskan kepada mahasiswa/i sebagai generasi penerus bangsa. Apresiasi berupa hadiah laptop dan HP diberikan kepada 10 peserta terbaik diklat, atas antusiasme dan kesungguhannya dalam mengikuti kegiatan ini.

Januari Trisnaningtyas
Dosen FISIP Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar