Menhub Cek Kesiapan Bandara Juanda Surabaya untuk Terima Kedatangan TKI

Budi-Karya-Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Juanda. (foto: dok. Humas Bandara Juanda)

harianpijar.com, SURABAYA – Menhub Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan Bandara Juanda yang akan segera membuka pintu penerbangan internasional. Pintu penerbangan internasional itu diprioritaskan untuk kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI dari luar negeri.

Sedangkan hingga kini, kepulangan PMI hanya bisa melewati Bandara Soerkarno-Hatta, Kota Tangerang dan Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado.

“Hari ini kami ditugaskan untuk melakukan asesmen terhadap kesiapan Surabaya untuk menerima kedatangan PMI yang dari luar negeri,” kata Budi Karya Sumadi di Hotel Asrama Haji Surabaya, Minggu, 26 Desember 2021.

Baca juga:   Untuk Perbaiki Kinerja, Kemenhub Berikan Lion Air Masa Waktu 2 Bulan

Menurut Budi Karya Sumadi, dibukanya pintu penerbangan internasional Juanda ini penting. Pasalnya, 30 persen PMI didominasi warga Jatim, Jawa Tengah (Jateng), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nantinya, para PMI ini bisa pulang lewat Juanda. Sehingga tidak terlalu jauh jika harus melalui Bandara Soerkarno-Hatta atau Bandara Sam Ratulangi.

“30 persen PMI dari Jatim, Jateng, dan NTB yang mungkin lebih prefer menggunakan Juanda, selain Jakarta. Karena tiap hari sudah menerima lebih dari 30 ribu penumpang, dan PMI yang ke Jakarta 1.500 (orang tiap harinya),” ujar Budi Karya Sumadi.

Baca juga:   Terkait Kunjungan Raja Salman, Pemerintah Disarankan Kirim TKI Profesional ke Arab Saudi

Dalam kesempatan ini, Budi Karya Sumadi ditemani Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes Kalsum Komaryani, Pangdam V/Brawijaya Nurcahyanto, hingga Kapolda Jawa Timur Nico Afinta. (msy/det)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar