Mahasiswa Mercu Buana Gelar Kuliah Peduli Negeri Ciptakan Konten Promosi UMKM Melalui Media Digital

UMB
Berfoto bersama dengan Ketua RW 06 Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA – Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) melalui kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) menggelar sosialisasi dengan judul “Sosialisasi Produksi Konten Desain Visual Sebagai Optimalisasi Promosi Di Media Digital” kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah RW 06 Kota Bambu Selatan Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, pada Sabtu, akhir bulan lalu.

Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka membantu para pelaku UMKM di wilayah tersebut untuk mengembangkan usaha mereka melalui promosi di media digital. Materi sosialisasi yang diberikan berfokus pada bagaimana menentukan media digital yang cocok untuk promosi dan bagaimana memproduksi konten visual sebagai salah satu upaya promosi di media digital.

Baca juga:   UMKM: Hobi yang Justru Bisa Menghasilkan Cuan

“Ketika menggunakan media Instagram marketnya lebih berkembang, lebih banyak calon konsumen yang dijangkau. Fitur-fitur di Instagram sangat mendukung dan juga mudah untuk digunakan,” jelas Hamdy Nofit Azhar, selaku narasumber pertama.

UMB
Narasumber pertama menyampaikan materi mengenai jenis-jenis konten promosi. (foto: dok. pribadi)

Hamdy Nofit Azhar juga menjelaskan dalam melakukan promosi di media sosial konten dan konsisten adalah kuncinya. Hal tersebut juga ditekankan oleh Yudistira Insan selaku narasumber kedua dalam memberikan tutorial pembuatan konten desain visual.

“Selain konsisten dalam melakukan promosi di media digital kita juga harus konsisten terhadap ciri khas dan identitas usaha yang kita buat dari awal, contohnya seperti penggunaan warna pada setiap konten desain visual,” tambah Yudistira Insan sembari memberikan tutorial pembuatan konten desain visual melalui aplikasi Canva.

Baca juga:   Edukasi Pemanfaatan Sosial Media oleh Mahasiswa Universitas Mercu Buana
UMB
Salah satu pelaku UMKM meminta untuk dijelaskan fitur-fitur dalam aplikasi desain. (foto: dok. pribadi)

Sementara itu, terlihat antusias para pelaku UMKM ketika mengikuti tutorial yang diberikan. Mereka sontak mengeluarkan smartphone dan mulai mengikuti langkah-langkah yang diajarkan.

“Besok mau dong diadain lagi tutorial membuat desain konten promosi, soalnya masih ragu dan bingung mau buat konten yang bagus seperti yang ada di Instagram,” ujar salah satu pelaku UMKM saat acara hendak berakhir.

Muhammad Shidqi Raihan
Mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar