Cegah Penyebaran Omicron, Masyarakat Diminta Segera Lakukan Vaksinasi

Vaksin-COVID-19
Ilustrasi.

harianpijar.com, JAKARTA – Menkominfo Johnny G Plate meminta masyarakat yang belum divaksin Covid-19 untuk segera melakukan vaksinasi di fasilitas terdekat. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran varian Omicron.

Saat ini berbagai negara termasuk Indonesia dibayangi bahaya varian Omicron. Meskipun Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan varian baru ini berbahaya, namun, menurut Johnny G Plate, sejauh ini Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama yang sudah divaksin.

“Kunci pencegahan penyebarannya adalah segera divaksin, menaati protokol kesehatan, tetap waspada, dan tidak panik. Untuk itu, semua warga yang belum divaksin agar segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” kata Johnny G Plate dalam keterangan tertulis, Sabtu, 18 Desember 2021.

Baca juga:   Pasien Rawat Inap di RSDC Wisma Atlet Bertambah 96 Orang

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengumumkan penemuan satu kasus konfirmasi Covid-19 varian Omicron. Kasus pertama Omicron tersebut terdeteksi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

“Munculnya kasus ini tidak terelakkan karena salah satu karakter varian Omicron adalah penularannya yang sangat cepat. Waspada penting, tapi jangan panik,” ujar Johnny G Plate.

Lebih lanjut, Johnny G Plate menegaskan bahwa hal yang harus dilakukan saat ini adalah berupaya sekuat tenaga agar Omicron tidak meluas dan menghindari terjadinya penularan lokal. Seluruh elemen masyarakat diminta menjaga situasi Indonesia tetap baik dan mempertahankan tingkat penularan rendah.

Baca juga:   Golkar Nilai Beri Bantuan Hukum ke MRS Lebih Baik daripada Buat Aksi Turun ke Jalan

Johnny G Plate meminta pemerintah daerah menggencarkan penelusuran dan pengetesan kontak erat guna mendeteksi kasus konfirmasi secara lebih dini. Upaya lainnya yang bisa dilakukan bersama untuk menekan penularan varian baru ini adalah tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggencarkan capaian vaksinasi Covid-19.

“Pejabat negara dan seluruh warga diharapkan dapat membatasi mobilitas dengan tidak melakukan perjalanan utamanya ke luar negeri untuk sementara waktu sampai situasi pandemi mereda,” pungkas Johnny G Plate. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini