Kader Tuding Sandiaga Rekayasa Dukungan Ijtima Ulama, Gerindra: Bukan Pendapat Partai

Desmond-J-Mahesa
Desmond J Mahesa. (foto: dok. detik)

harianpijar.com, JAKARTA – Waketum Partai Gerindra Desmond J Mahesa menegaskan bahwa pernyataan kadernya, Kamrussamad, soal rekayasa deklarasi dukungan sejumlah ulama kepada Sandiaga Uno maju di Pilpres 2024 bukan pernyataan partai. Pernyataan itu, kata dia, merupakan pendapat pribadi Kamrussamad.

Statement yang dilakukan Samad ini kan statement pribadi, bukan pendapat partai dan bukan pendapat fraksi,” kata Desmond J Mahesa saat dihubungi, Kamis, 16 Desember 2021.

“Tidak dalam konteks mewakili Gerindra dan fraksi, tapi dia mewakili diri sendiri dan dia kader Gerindra,” imbuhnya.

Kendati demikian, Desmond J Mahesa menilai tak ada yang salah dari pernyataan Kamrussamad. Sejauh ini, menurutnya, belum terlihat jika pernyataan itu merugikan partai.

“Sebagai kader dia tak ada yang salah,” ujar Desmond J Mahesa.

“Bagi kami biasa saja, ya tinggal ini merugikan partai atau tidak. Dalam hal ini belum terlihat kalau partai dirugikan dari statement ini,” tambahnya.

Baca juga:   Airlangga Klaim Akan Ada Partai Baru Gabung KIB, Andi Arief: Bukan Demokrat

Selanjutnya, Desmond J Mahesa mempertanyakan partai yang mengusung Sandiaga Uno sebagai capres. Sebab, kata dia, saat ini Partai Gerindra telah mengusung sang Ketum, Prabowo Subianto, sebagai capres pada pemilu 2024.

“Kalau memang Sandi diusulkan tapi pertanyaannya partai apa? Karena kami tidak melihat hari ini partai pendukung Sandi dalam arti yang konkret karena hari ini partai mendukung Pak Prabowo jadi presiden,” tukas Desmond J Mahesa.

Sebelumnya, Kamrussamad menuding dukungan sejumlah ulama Jakarta dan Jawa Barat kepada Sandiaga Uno merupakan upaya merekayasa Ijtima Ulama dan berpotensi memecah belah umat. Dirinya khawatir Sandiaga Uno sengaja mengeksploitasi identitas ulama.

Baca juga:   Wacana Penambahan Pimpinan MPR, Fadli Zon: Bisa Membuka Opsi Revisi UU MD3

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Pemuda Dewan Dakwah Dede Rubai Misbahul Alam menilai Forum Ijtima Ulama yang mendukung Sandiaga Uno justru mempersatukan umat. Dirinya justru menganggap pernyataan Kamrussamad sebagai suplemen sekaligus motivasi.

“Kami tidak menganggap itu menuduh, kami hanya menganggap bahwa itu adalah suplemen, motivasi bagi kami agar yang kami kerjakan dalam Ijtima kemarin itu menjadi sesuatu yang kami jaga dan kami rawat supaya menjadi kebaikan bagi umat dan bangsa,” ujar Dede Rubai Misbahul Alam.

“(Forum Ijtima Ulama) jelas sangat mempersatukan umat, karena di situ banyak ulama hadir, banyak pemuda Islam hadir, lintas organisasi, masyaallah. Itu menjadi salah satu bukti tidak ada di antara kita upaya untuk memecah belah, nauzubillah,” tambahnya. (ilfan/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini