Berawal dari Hobi, Pemuda di Jogja Ini Sukses Bangun Bisnis

UST
. (foto: dok. pribadi)

YOGYAKARTA – Hobi atau minat bakat terhadap sesuatu tentunya dimiliki oleh setiap orang, dan setiap orang memiliki hobi yang berbeda beda, ada juga orang yang mempunyai hobi lebih dari satu. Hobi juga dapat mendatangkan penghasilan, dengan menekuni hobi dan juga mengkombinasikan dengan minat yang lain maka pendapatan akan datang seiring berjalannya waktu.

Seperti halnya yang dilakukan pemuda bernama Dani (22), dia memulai usaha berawal dari dua hobi yang berbeda yaitu menggambar dan otomotif dengan nama usaha Dcut Sticker. Dcut Sticker yang diambil dari namanya yakni Dani, yang bergerak dibidang decal sticker, beralamat di Jl Wediombo KM 0,5, Dusun Manukan RT 001/RW 005, Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Usaha yang tekuni Dani 2 tahun silam ini, pada awal buka memproduksi dan menjual produk yang berupa cutting sticker untuk sepeda motor maupun mobil, dan seiring berjalannya waktu Dcut Sticker tidak hanya memproduksi dan menjual cutting stciker tetapi juga berbagai produk yang berupa decal stciker dan kaos sablon.

Baca juga:   Ada Dukungan Agar Maju di Bali dan Kaltim, Ahok Pilih Bisnis

“Sebenarnya saya suka menggambar dan kemudian saya juga suka otomotif, jadi gimana sih dari dua hobi tersebut itu dijadiin satu biar juga jadi penghasilan lah, karena pekerjaan dari hobi itu enak gitu ngejalaninya,” ungkap Dani belum lama ini.

Dani mengaku bahwa motivasinya mendirikan usaha selain untuk mendapatkan penghasilan, juga agar mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan hobinya tersebut.

Usahanya yang dibangun selama ini berkembang dengan sangat baik. Namun, sejak adanya pandemi virus Corona, dampak yang ditimbulkan sangat terasa.

Dani sadar bahwa pandem ini berdampak pada berbagai sektor terpuruk dan mengalami kerugian. Namun dia terus berusaha untuk memperbaiki kualitas dan mencoba untuk terus berinovasi dan mengikuti tren anak muda saat ini.

UST
. (foto: dok. pribadi)

“Kita cari inovasi terus yaa, misalkan mungkin anak muda jaman sekarang motornya itu kebanyakan pakai sticker semua, kita coba inovasi terus yaa, kita bikin desain yang anak muda tetap suka,” ungkapnya.

Baca juga:   Ada Dukungan Agar Maju di Bali dan Kaltim, Ahok Pilih Bisnis

Karena situasi pandemi saat ini, kata Dani, kendalannya pada bahan untuk decal stciker karena pesanannya dari customer yang masih tergolong ramai, maka ketersediaan bahan pun mulai menipis, dan belum menemukan distributor bahan yang dapat mensuplai bahan apabila sewaktu-waktu kehabisan bahan decalnya.

“Sebenarnya kami terkendala di bahan, dari bahan itu kami belum menemukan distributor yang tepat untuk suplay bahan kami, jadi kami kadang ketelatan bahan dan sebagainya,” tuturnya.

Terakhir, Dani pun menyampaikan pesan atau motivasi yang dapat diberikan kepada anak muda. Dia mengatakan harus terus bergerak dan berinovasi.

“Ayo bergerak lah gitu, artinya kan misal kita bergerak tidak mungkin kita itu tidak dapat sesuatu apalagi misal kita gerak dengan hobi, dengan passion gitu kita dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa lah, mungkin kurang lebih seperti itu,” kata Dani.

Abellino Zalwa Pratama
Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar