UMKM Jadi Sarana Pengembangan Hobi dan Peningkatan Ekonomi Mahasiswa

Mowings
Mowings. (foto: dok. Bahira Nursalma)

SEMARANG – Pandemi Covid-19 membuat perekonomian di Indonesia mengalami kemerosotan. Bahkan, UMKM mengalami kerugian dan tak sedikit dari UMKM ada yang harus merelakan usahanya untuk gulung tikar.

Pengurangan UMKM ini tentunya berdampak pada perekonomian Indonesia. Penurunan ekonomi juga dirasakan oleh mahasiswa. Pasalnya, hampir sebagian kampus di Indonesia melakukan proses pembelajaran daring, sehingga penghasilan utama mahasiswa yakni ‘uang saku’, terpaksa terhenti lantaran kuliah secara daring.

Selain kuliah secara daring, mahasiswa juga tidak bisa memaksimalkan diri mereka dalam mengembangkan diri melalui UKM Universitas karena harus tetap berdiam di rumah.

Meski dengan kondisi seperti itu, tidak menyurutkan ambisi lima mahasiswa yang tergabung dalam grup ‘netflix and eat’ untuk tetap mengembangkan hobi dan meningkatkan perekonomian mereka.

Grup yang awalnya hanya dibuat untuk bermain dan nonkrong cantik kini berubah menjadi grup untuk membahasa mengenai UMKM yang mereka rintis.

Baca juga:   Pengabdian ke Masyarakat, Mahasiswa KKN Bantu Pengajaran Mengaji di TPQ

Mowings.id adalah UMKM yang mereka bentuk, sebuah usaha ayam goreng krispi dengan berbagai rasa dan macam-macam saus sebagai pelengkapnya.

“Kami itu awalnya cuman iseng mbak, berawal dari background yang sama yaitu sudah lelah dengan kuliah online dan merasa tidak ada perubahan dari kita selama pandemi ini, akhirnya kita mulai mengembangkan usaha bersama,” ujar Nadya, salah satu owner Mowings.

“Kebetulan kita itu sudah dekat dari SMA dan sering berkumpul bersama. Nah, waktu kita kumpul-kumpul itu kita gak pernah ketinggalan untuk selalu masak karena kita hobi makan dan masak. Apa aja kita masak, emang hobi bereksperimen mbak, jadi semua jenis masakan kita coba, wings dari Mowings salah satu bentuk eksperimen dari kami berlima,” imbuhnya.

Saat peluncuran pertamanya pada 21 November 2021 lalu, Mowings menghadirkan 3 menu olahan ayam yaitu Fire Wings, American Style Wings, dan Cheese Wings. Tak hanya itu, Mowings juga memberikan cocolan saus sebagai pelengkap wings mereka, ada cheese saus, fire saus, dan mushroom.

Baca juga:   Jokowi: PMII Jangan Hanya Bermimpi Jadi Politisi, Bermimpilah Jadi Wirausahawan

Pendiri Mowings, Bahira Nursalma, mengatakan kedepannya UMKM mereka ini ingin mengeluarkan varian-varian menu lainnya dan saus-saus baru. Mowings juga ingin melebarkan target pasar dan memperluas cabang di seluruh Indonesia.

Dari pendiri Mowings kita belajar bahwa dengan dampak Covid-19 tidak menyurutkan ide untuk mengembangkan bisnis dan hobi yang kita miliki. Dengan kemauan dan semangat tentunya semua akan bisa terwujud dan sukses secara perlahan.

Dari pengalaman tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa mahasiswa juga bisa berperan dalam meningkatkan perekonomian negara melalui UMKM yang mereka bentuk. Selain itu, UMKM juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan hobi yang dimiliki.

Sheila Azarine Chrysanthie
Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang (UNNES)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar