Optimalisasi Pembangunan Irigasi di Desa Tubanan

Pembangunan-Irigasi-Desa-Tubanan
. (foto: dok. Istimewa)

JEPARA – Pemerintahan Desa Tubanan gencarkan pembangunan irigasi di Desa Tubanan RT 03/RW 06. Pembangunan irigasi ini telah mulai dilaksanakan pada 3 Desember 2021 dan ditargetkan rampung pada 9 Desember 2021.

Pembangunan irigasi dilakukan dalam upaya mengatasi masalah kurangnya persediaan air pada musim kemarau yang akan datang serta meningkatkan hasil pertanian warga setempat.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) RW 06, Sutrisno (46), mengatakan pembangunan irigasi dilakukan karena kebutuhan saluran air yang kurang maksimal saat kemarau, sekaligus untuk meningkatkan hasil pertanian warga.

Baca juga:   Dikabarkan Rampung 2022, Bendungan Semantok Bakal Jadi Pusat Irigasi Terbesar di ASEAN

Pembangunan saluran irigasi yang dibangun oleh TPK RW 06 ini diharapkan dapat selesai dalam jangka waktu 6 hari. Pembangunan saluran air sepanjang 10 meter ini dilakukan oleh 6 pekerja. Dalam pembangunan tersebut menghabiskan dana jutaan rupiah.

Salah seorang petani di Desa Tubanan, Sukamat (43), merasa terbantu dengan adanya pembangunan saluran air tersebut.

“Jujur saya merasa terbantu dengan adanya pembangunan ini (pembangunan irigasi), karena saat musim kemarau datang itu saya sendiri dan teman-teman (petani lainnya) kebingungan untuk mengairi lahan sawah kami,” ungkapnya belum lama ini.

Baca juga:   Presiden: Pertanian Kuncinya Air, Pembangunan Insfrastruktur Pertanian Menjadi Prioritas

Masyarakat dan pemerintahan desa berharap dengan adanya pembangunan ini akan semakin banyak sawah yang teraliri oleh air dan mampu mendukung para petani dalam mengelolah pertaniannya. Sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian di Desa Tubanan.

Nofa Elfi Karina
Mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Semarang (UNNES)

PILIHAN SPONSOR

BACA JUGA
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar